penyakit diabetes

Benarkah Harapan Hidup Pasien Diabetes Tipe 1 Lebih Pendek?

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa seseorang yang menderita penyakit diabetes tipe 1 memiliki harapan hidup lebih pendek 13 tahun. Benarkah demikian?

diabetes tipe 1

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal of American Medical Association (JAMA) menyebutkan, pria dengan diabetes tipe 1 kehilangan harapan hidup 11 tahun dibandingkan dengan pria yang tidak mengalami penyakit ini. Sementara pada wanita, mereka dapat kehilangan harapan hidup hingga 13 tahun.

“Temuan ini sangat penting untuk mengetahui seberapa besar diabetes tipe 1 mengurangi harapan hidup seseorang di era seperti sekarang,” kata Dr. Helen Colhun dari unit epidemiologi diabetes di University of Dundee School of Medicine, Skotlandia.

Diabetes berdampak pada kesehatan jantung. Tapi peneliti juga menemukan bahwa diabetes tipe 1 pada anak-anak menyumbang angka kematian yang cukup tinggi.

“Kondisi ini benar-benar menjadi tantangan bagi penderita diabetes tipe 1, bagaimana mereka mendapatkan jumlah insulin untuk menangani kadar gula darah,” tambah Colhun dikutip dari WebMD, Jumat (09/01).

Namun, pada studi lain yang juga diterbitkan JAMA, dengan melibatkan lebih dari 1.200 penderita diabetes tipe 1, sejumlah harapan hidup pendek dapat dihindari dengan melakukan kontrol dan manajemen gula darah yang intensif.

“Dari hasil studi, seseorang yang melakukan kontrol glukosa yang lebih baik karena terapi intensif, dapat meningkatkan kelangsungan hidup,” kata Dr. Samuel Dagogo-Jack, kepala divisi endokrinologi, diabetes dan metabolisme di University of Tennessee Health Science Center Memphis.

Peneliti menekankan bahwa kontrol gula darah menjadi kunci untuk mengurangi risiko kematian dini akibat diabetes. Bahkan, kontrol yang intensif dapat menurunkan risiko kematian hingga 44 persen.

BACA JUGA: Alasan Mengapa Susu Lebih Baik Daripada Sport Drink

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes