CDC: Angka Penderita Diabetes di AS Melonjak Tajam

Badan pengawas dan pencegahan penyakit AS, Centers for Disease Control and Prevention (CDC), melaporkan bagaimana buruknya epidemi diabetes tipe 2 di Amerika Serikat saat ini, yang tercatat mencapai tingkat rekor tertinggi.

Pada 1995 tercatat hanya tiga negara bagian, termasuk District of Columbia dan Puerto Rico, yang memiliki tingkat prevalensi diabetes sekitar 6 persen atau lebih. Lalu pada 2010, angka penderita diabetes tercatat hampir di seluruh 50 negara bagian yang mencapai tingkat 6 persen atau lebih.

Beberapa negara bagian, terutama di Selatan, diketahui jauh lebih buruk dari negara bagian lainnya. Sebanyak 18 negara bagian mengalami peningkatan dua kali lipat dari kasus diabetes selama periode 15 tahun, dan di 42 negara bagian, tingkat diabetes melonjak hingga 50 persen.

Di 6 negara bagian dan Puerto Rico diperkirakan 1 dari 10 orang dewasa terkena diabetes.

“Saya sendiri terkejut melihat data ini,” ujar pemimpin peneliti Linda Geiss, seorang ahli statistik di divisi diabetes translation CDC. “Kami tahu diabetes telah meningkat selama beberapa dekade, tetapi melihat 18 negara lainnya yang mengalami peningkatan hingga 100 persen juga mengejutkan.”

Penyebab utama kenaikan tersebut sudah jelas mengenai lingkar pinggang warga AS yang kian melebar. “Epidemi diabetes berjalan beriringan dengan peningkatan obesitas,” tambah Geiss.

Dr. Stuart Weinerman, dari divisi endokrinologi di North Shore University Hospital/Long Island Jewish Medical Center di New Hyde Park, NY, mengatakan bahwa “diabetes menjadi beban kesehatan masyarakat yang utama.”

Menurut laporan CDC, negara-negara dengan peningkatan terbesar terutama terjadi di Selatan, termasuk Oklahoma (226 persen), Kentucky (158 persen), Georgia (145 persen), dan Alabama (140 persen). CDC menambahkan, lebih dari sepertiga (35,7 persen) orang dewasa AS kini menderita obesitas.

CDC memperingatkan bahwa obesitas tidak hanya terkait dengan diabetes, tetapi juga penyakit jantung, stroke dan jenis kanker tertentu. Diabetes dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, sirkulasi masalah yang mengakibatkan amputasi dan penyakit ginjal.

Laporan ini diterbitkan dalam edisi 16 November dari jurnal CDC, Morbidity and Mortality Weekly Report. (jay)

BACA JUGA : Sulit Punya Keturunan? Coba Saja SpermComet!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes