Depresi Juga Bisa Memicu Penyakit Parkinson Lho!

Selain dapat berisiko bunuh diri, depresi juga bisa memicu penyakit parkinson, bahkan tiga kali lipat lebih besar risikonya jika Anda depresi.

Depresi Juga Bisa Memicu Penyakit Parkinson Lho!

Parkinson adalah salah satu penyakit degeneratif saraf yang ditandai dengan adanya tremor (getaran) di tubuh. Penyebab terjadinya parkinson adalah kurangnya neurotransmiter dopamin ke saraf, selain itu faktor keturunan juga sangat berpengaruh pada kondisi tersebut.

Tim peneliti Taiwan menemukan bahwa 1,42% orang didiagnosis parkinson dari 4.634 data kesehatan orang yang mengalami depresi, sedangkan dari 18.554 data kesehatan orang yang tidak pernah depresi selama 10 tahun hanya 0,52% didiagnosis parkinson.

Artinya, orang yang depresi 3,24 kali lebih besar mengembangkan penyakit parkinson dibandingkan dengan mereka yang tidak depresi, hasil studi ini juga telah diterbitkan dalam jurnal Neurology.

Namun para peneliti belum mengetahui apakah depresi adalah sebuah gejala awal atau penyebab dari penyakit degeneraift saraf tersebut.

“Studi kami menunjukan bahwa depresi mungkin menjadi salah satu faktor risiko untuk penyakit parkinson, selain itu studi kami juga menemukan bahwa depresi dan usia, memang merupakan faktor yang signifikan untuk parkinson,” ujar Dr. Albert C. Yang, MD, dari Taipei Veterans General Hospital, Taiwan, yang melakukan penelitian ini. (boy)

BACA JUGA : Main Alat Musik Mampu Menangkal Depresi dan Penyakit Penuaan lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes