cara membakar lemak di perut lebih cepat

Diet Vegetarian Lebih Efektif Turunkan Berat Badan

Olahraga dan diet vegetarian kerap dipilih seseorang yang ingin menurunkan berat badan. Ternyata, mengadaptasi diet vegetarian dapat menurunkan berat badan meski tidak melakukan olahraga atau perhitungan kalori.

menurunkan berat badan

“Pesan dari studi ini adalah bahwa diet vegetarian dapat membantu Anda menurunkan berat badan tanpa menghitung kalori dan tanpa latihan rutin,” kata Neal Barnard, MD, penulis utama studi dan asisten profesor kedokteran di George Washington University School of Medicine and Health Sciences, seperti dikutip dari MedicalNewsToday.com, Sabtu (24/01).

Hasil studi terbaru tersebut dipublikasikan dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. Peneliti bekerja sama dengan Physicians Committee menganalisis data dari 15 penelitian dengan 755 partisipan di Finlandia, Norwegia, Polandia, Spanyol, Swedia, dan Amerika Serikat.

Penelitian-penelitian tersebut bervariasi, mulai dari yang berlangsung hanya emoat minggu hingga dua tahun, dengan hasil penurunan berat badan rata-rata 4,5 kilogram selama 44 minggu. Penurunan berat badan lebih banyak terjadi pada laki-laki dan orang tua.

“Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan 5-10 persen berat tubuh dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskuler,” kata direktur pendidikan nutrisi di Physicians Committee, Susan Levin.

Lebih dai 1,4 miliar orang di seluruh dunia mengalami kelebihan berat badan dan meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, osteoarthritis, dan beberapa jenis kanker. Ketika berat badan turun, seseorang juga akan merasakan penurunan tekanan darah, gula darah, trigliserida, dan kolesterol. (ctr)

BACA JUGA: Takut Gemuk Bila Makan Jagung? Itu Hanya Mitos!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes