Gen Pemicu Alzheimer Akhirnya Ditemukan

Dalam sebuah penelitian terbaru, ilmuwan Inggris akhirnya berhasil mengisolasi gen “pembunuh” yang diyakini menyebabkan penyakit Alzheimer.

Para peneliti di King’s College London percaya bahwa dengan mengidentifikasi gen bernama clusterin sebagai pemicu Alzheimer ini telah mengambil langkah penting menuju pengembangan pengobatan untuk menghentikan penyakit nuerodegenerative ini.

Para ahli di Institute of Psychiatry percaya bahwa clusterin bisa membentuk rantai peristiwa yang menyebabkan protein amyloid-beta mulai menghancurkan sel-sel otak. Banyak obat yang diresepkan untuk pasien Alzheimer bertujuan untuk memotong jumlah amyloid-beta dalam otak.

Para ahli saraf kini berusaha untuk memblokir clusterin dalam rangka untuk memperbaiki atau bahkan menghentikan Alzheimer.

“Penelitian penting ini akhirnya mengisi kesenjangan kritis mengenai cara penghentian Alzheimer yang kompleks dan bisa membawa kita menuju cara baru untuk mendiagnosa, menargetkan dan mengobati kondisi ini secara lebih efektif,” ujar Profesor Clive Ballard, Direktur Riset di Alzheimer`s Society.

Penelitian ini akan diterbitkan dalam jurnal medis Molecular Psychiatry. (jay)

BACA JUGA : Wanita Sulit Hamil jika Ibu Menopause Dini?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes