Inilah Bahaya dari Operasi Pelangsingan Tubuh!

Bagi yang terlintas ingin melakukan operasi pengecilan tubuh, sebaiknya hati-hati! Operasi lambung untuk mengobati pasien penderita obesitas dinilai para ilmuwan dapat merapuhkan tulang.

Berbagai prosedur yang dilakukan dalam operasi tersebut dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi pasien aibat ukuran lambung dipersempit sementara waktu atau permanen oleh operasi bypass.

Para ahli endokrinologi mengatakan hal ini juga menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang. Persoalan ini menjadi perhatian peneliti karena banyak pasien remaja yang belum mencapai puncak pertumbuhan tulangnya.

Ilmuwan dari Sydney’s Garvan Institute of Medical Research, Dr. Malgorzata Brzozowska, menjelaskan bahwa ada hubungan yang rumit antara kegemukan, tulang dan masalah nutrisi.

“Semakin invasif jenis operasi yang dilakukan, maka akan semakin tinggi juga pergantian tulang terjadi. Hal ini yang akan mempercepat pengeroposan tulang,” ujar Brzozowska seperti dikutip Antaranews.com.

Brzozowska menjelaskan hal ini tidak hanya disebabkan oleh bobot tubuh yang menurun drastis, namun juga karena asupan nutrisi yang berkurang, seperti vitamin D dan kalsium. Perubahan hormon yang dilepaskan oleh lemak juga bisa terjadi, dan akan mempengaruhi sistem syaraf tubuh.

Di Amerika, operasi Roux-en-Y- gastric bypass, adalah salah satu metode operasi yang paling invasif. Jalur pencernaan dari dan menuju lambung posisinya dipindahkan dan beberapa bagian usus juga dipotong.

Operasi lain adalah gastric sleeve, di mana lambung dipotong sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Akibatnya, jumlah makanan yang dikonsumsi pun berkurang.

Asosiasi perkumpulan profesor dan peneliti, Jackie Center menyatakan tidak mau berargumentasi mengenai operasi bariartik ini karena operasi jenis ini juga senjata ampuh dalam melawan obesitas yang terkait dengan diabetes.

Pemeriksaan kepadatan tulang dan jumlah kalsium yang memadai serta asupan vitamin D yang cukup, disarankan agar terus diperhatikan oleh pasien yang melakukan operasi bariartik ini. (jay)

BACA JUGA : Inilah 10 Tren Fitnes Tahun 2013! Mana Latihan Favorit Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes