Inilah Bahaya Konsumsi Minuman Bersoda

Menurut penelitian terbaru, mengonsumsi minuman bersoda tidak hanya membuat gemuk, tetapi juga bisa menyebabkan kondisi lutut memburuk.

Para ilmuwan mempelajari pasien yang menderita osteoarthritis pada lutut, dan menemukan bahwa semakin banyak konsumsi minuman bersoda yang mereka minum maka semakin cepat kondisi osteoarthritis berkembang. Pada pria kurus, kondisi ini dinyatakan lebih rentan.

Pemimpin penelitian dari Brigham and Women’s Hospital di Boston, Dr. Bing Lu, mengatakan bahwa jumlah pasien yang menyadari proses terjadinya kecacatan osteoarthritis sangatlah sedikit.

“Penelitian ini berpotensi untuk mengidentifikasi faktor risiko yang disebabkan dari pola makan dan rekomendasi pola makan yang sehat. Jadi, ini dapat diterapkan demi kesehatan masyarakat,” ujar Bing Lu, seperti dikutip Antaranews.com.

Minuman manis adalah salah satu faktor risiko yang menyebabkan obesitas, penuaan dini dan stres sendi.

Dari penelitian yang melibatkan 2.149 pasien yang telah didiagnosis osteoarthritis, diketahui bahwa pria yang tidak mengonsumsi minuman ringan mengalami penyempitan rata-rata 0,29 milimeter. Sementara pada pria yang mengonsumsi lebih dari 5 kaleng minuman ringan dalam satu minggu, penyempitan sendi yang terjadi mencapai 0,59 milimeter.

Pria dengan berat badan normal atau kurus mengalami kondisi lutut yang lebih buruk dibandingkan dengan pria gemuk atau obesitas. Sebaliknya, hanya wanita dengan berat badan normal yang menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi minuman ringan dengan perkembangan osteoarthritis pada lutut.

Belum jelas apakah masalah ini disebabkan oleh minuman ringan berkalori tinggi, sehingga membuat lutut tidak bisa menahan kelebihan berat badan, atau ada bahan lain yang berkontribusi pada perkembangan osteoarthritis. Well, sebaiknya Anda mulai mengurangi konsumsi minuman ini! (jay)

 BACA JUGA : Cegah Mata Lelah akibat Bekerja dengan Komputer

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes