Inilah Buah & Sayuran yang Ampuh Melawan Kanker!

Seorang ahli gizi senior dari Boston, AS, telah mengungkapkan bahwa banyak buah-buahan dan sayuran yang bisa Anda masukkan dalam pola makan sehat untuk melawan kanker.

Menurut penelitian, makan setidaknya satu buah apel sehari dapat membantu mencegah kanker tenggorokan, mulut, usus, paru-paru dan mungkin kanker payudara karena buah ini mengandung quercetin, nutrisi yang melindungi sel DNA dari kerusakan, yang bisa mengarah pada perkembangan kanker.

“Kuncinya, Anda sebaiknya memakan apel dalam keadaan mentah dan dengan kulit. Di situlah banyak nutrisi yang ditemukan,” ungkap Stacy Kennedy, ahli gizi dari Dana-Farber Cancer Institute di Boston, AS.

Buah cranberry memiliki asam benzoat di dalamnya, yang telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan kanker paru-paru, kanker usus, dan beberapa jenis leukemia.

Sementara itu, sayuran berwarna-warni seperti bit, wortel, dan lobak memiliki warna dan rasa yang baik untuk kesehatan. “Semakin cerah dan banyak pigmen, semakin tinggi juga tingkat nutrisi yang ada dalam sayuran tersebut untuk melawan kanker,” kata Kennedy.

Menurut Kennedy, sayuran berdaun gelap adalah pilihan yang utama, karena kaya akan fitonutrien yang disebut indoles, yang merangsang detoksifikasi hati dan membantu melawan kanker. Sayuran gelap itu termasuk famili cruciferous, seperti brokoli, kol dan kubis Brussel.

Kennedy menunjukkan bahwa orang yang memiliki pola makan kaya akan sayuran telah ditemukan memiliki risiko lebih rendah dari kanker paru-paru, prostat, dan perut.

Kennedy mengatakan bahwa pumpkin, labu, wortel, dan kentang manis sudah dikemas dengan nutrisi yang ampuh melawan kanker, karotenoid, yang dikaitkan dengan pencegahan kanker usus, prostat, payudara, dan paru-paru. (jay)

BACA JUGA : Depresi Usai Melahirkan? Makanlah Ikan!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes