Junk Food Bisa Sebabkan Pubertas Dini

Selain mengakibatkan obesitas, junk food juga punya efek buruk lainnya. Menurut penelitian ahli, junk food bisa mengakibatkan pubertas dini hinga 5 tahun lebih awal pada anak perempuan.

Para ahli pun menyalahkan hal ini pada gaya hidup yang tidak sehat pada anak-anak tersebut.

Menurut laporan The Sun, beberapa anak perempuan tercatat mengalami masa periode pertama PMS (Premenstrual Syndrome) pada usia 6-7 tahun lebih awal. Sebuah penelitian di AS ini juga menemukan bahwa anak laki-laki pun mengalami kematangan fisik 2 tahun lebih awal.

Para ilmuwan menemukan bahwa usia rata-rata untuk masa pubertas pada anak perempuan adalah 16,6 tahun pada 1860. michael kors abbey backpack access review

Namun, seiring berjalannya waktu pubertas kian menurun. Pada 1920, pubertas terjadi rata-rata pada usia 14,6 tahun. Pada 1950, pubertas sekitar 13,1 tahun. Pada 1980, pubertas terjadi pada 12, moncler outlet polo 2 5 tahun dan pada 2010 terus menurun menjadi 10,5 tahun.

Para ahli khawatir bahwa masalah ini dapat menyebabkan peningkatan kasus-kasus gadis muda yang hamil.

Marcia Herman-Giddens, dari University of North Carolina di mana penelitian terbaru ini dilakukan, menyatakan bahwa obesitas juga mempengaruhi hal ini karena mengubah hormon tubuh. Sehingga, beberapa anak perempuan mulai menunjukkan tanda-tanda pertama kedewasaan pada usia 6 tahun.

Usia rata-rata untuk anak laki-laki keturunan kulit putih dan Hispanik adalah 10 tahun, sementara itu untuk anak laki-laki keturunan kulit hitam 9 tahun. ugg outlet barstow brisbane

Tam Fry, ketua kehormatan di UK’s Child Growth Foundation, juga memperingatkan bahwa hal ini menjadi “bom waktu berdetak” bagi masyarakat saat ini. (jay)

BACA JUGA : Oral Seks, Penyebab Utama Kanker Mulut

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes