Kerja Shift Malam Tingkatkan Risiko Kanker Ovarium?

Selain meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung, kerja shift malam ternyata juga dapat memperbesar risiko kanker ovarium pada wanita.

Kerja-Shift-Malam-Tingkatkan-Risiko-Kanker-Ovarium

Setidaknya itulah pernyataan tim peneliti dari Cancer Research Center di Seattle, setelah meneliti lebih dari 3,000 wanita di mana 1,100 di antaranya mengalami bentuk umum kanker ovarium dan 389 lainnya mengalami kanker ovarium stadium awal, dan sisanya adalah kelompok wanita sehat.

Dr. Parveen Bhatti selaku penulis penelitian tersebut menyatakan bahwa, wanita yang bekerja shift malam terkait dengan risiko kanker ovarium mencapai 24 persen dan pada wanita yang mengalami tahap awal kanker ovarium sebanyak 49 persen, seperti dilansir Everyday Health.

Menurut penelitian lain yang dilakukan di Comprehensive Cancer Center,tingginya kadar estrogen juga mempengaruhi tingkat risiko kanker ovarium. Para pekerja shift malam yang memiliki jam tidur minim diperkirakan mengalami gangguan pada sistem hormonal, sehingga lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti obesitas, penyakit jantung, dan kanker. (dan)

BACA JUGA : Inilah Alasan Pria Sering Tertidur Usai Bercinta

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes