Ketika Stres Datang, Kadar Gula Pun Memburuk

Menurut para ahli, kondisi stres bisa lebih cepat memperburuk kadar gula darah pada penderita diabetes dibandingkan pada orang non-diabetes.

Nephrologist Dr. Soehardy Zainudin di Tropicana Medical Centre mengatakan bahwa stres adalah salah satu faktor paling umum yang memperburuk kondisi diabetes.

“Stres kerja dan masalah pribadi bisa menyebabkan kadar gula darah meningkat. Hal ini juga bisa memperburuk kadar kolesterol,” ujar Dr. Soehardy saat di pameran healthcare Diabetes 4 Laypersons, seperti dikutip Yourhealth.com.sg.

Direktur Eksekutif National Diabetes Institute (NADI) Prof. Datuk Mustaffa Embong mengatakan bahwa manajemen stres sangat penting untuk pasien diabetes.

“Sebuah peningkatan pesat dalam kadar gula darah jika mengalami stres, yang berarti kondisi diabetes bisa terlepas dari kontrol, sehingga menyebabkan depresi dan gejala lainnya,” tambahnya.

Saat berbicara di acara International Diabetes Federation, Dr. Soehardy memperkirakan kenaikan 55 persen dari 300 juta kasus diabetes di seluruh dunia saat ini pada 2025. (jay)

BACA JUGA : Jangan Lakukan 5 Hal ini saat Putus Cinta

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes