Kurang Tidur Sebabkan Diabetes?

Rabu, 11 April 2012. Brigham and Women’s Hospital di Boston mempublikasikan hasil penelitian terbaru yang menyatakan pola dan kualitas tidur kurang baik meningkatkan risiko terkena diabetes.


Di masa sekarang ini, jumlah orang yang bekerja dalam shift semakin meningkat. Di Amerika saja, jumlah ini meningkat 3% tiap tahunnya. Para peneliti telah menghabiskan waktu selama puluhan tahun untuk mengetahui hubungan antara bekerja pada shift malam dengan risiko obesitas, penyakit jantung, diabetes, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Dalam penelitian ini mereka menemukan bahwa pola tidur memiliki pengaruh yang besar terhadap beberapa penyakit berbahaya di atas.

Sebanyak 21 relawan dengan kondisi sehat dijadikan subjek penelitian untuk membuktikan hal ini. Para relawan diberikan jam tidur dan bangun yang bervariasi, dalam kondisi terang dan gelap, dan semuanya di-setting untuk “mengganggu” siklus tidur alami tubuh mereka.
Jadikan Tidur Anda Lebih Berkualitas Di Sini!
Peneliti menemukan fakta bahwa ketika pola tidur peserta mengalami gangguan, terjadi penurunan kadar insulin. Dalam penelitian ini ditemukan juga bahwa kadar gula darah meningkat tajam dan kondisi ini bertahan selama beberapa jam. Menurut ketua tim peneliti, Orfeu Buxton, Ph. D., kondisi ini disebabkan oleh penurunan kadar insulin yang dikeluarkan oleh pankreas.

Ini merupakan tanda adanya peningkatan risiko diabetes. Tingkat metabolisme menurun sekitar 8%, yang ditandai dengan naiknya berat badan sebanyak 4 kg (jika pola makan dan aktivitas fisik tidak berubah).

Setelah tiga minggu penelitian berlangsung, tiga relawan yang awalnya memiliki kondisi sehat mengalami gejala pre-diabetes. Beruntung gejala tersebut menghilang setelah sembilan hari menjalani pola tidur yang normal kembali.

Saran dari para peneliti bagi pekerja shift malam, antara lain:

  • Jagalah siklus tidur Anda senormal mungkin.
  • Dapatkan tidur siang yang cukup. Jika memungkinkan, tidurlah dalam kamar yang tenang dan gelap.
  • Jangan makan berlebihan ketika Anda kurang tidur.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes