Libido Menurun, Bisa Jadi Anda Overtraining

Semua fitnessmania tahu bahwa latihan fisik dapat meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh dari segala penyakit.

Libido-Menurun,-Bisa-Jadi-Anda-Overtraining

Namun aktivitas fisik berlebihan dan berkepanjangan serta istirahat yang tidak memadai juga dapat mengakibatkan tubuh stres, meningkatkan risiko cedera dan overtraining.

Overtraining merupakan kondisi di mana tubuh mengalami akumulasi stres akibat terlalu keras berlatih melebihi kemampuannya.

Apa saja tanda-tanda overtraining yang perlu Anda waspadai, berikut seperti dikutip sixpackfactory.

Merasa Lelah Sepanjang Hari

Salah satu tanda overtraining yang paling nampak adalah, tubuh merasa lelah sepanjang hari. Kelelahan merupakan sinyal bahwa tubuh beraktivitas terlalu keras dan tidak cukup waktu untuk recovery. Jika ini yang Anda rasakan, sebaiknya Anda off sementara waktu dari latihan dan beristirahatlah.

Detak Jantung Meningkat saat Bangun Tidur

Gejala lain dari overtraining adalah detak jantung meningkat saat bangun tidur. Ini tandanya tubuh Anda bekerja lebih keras dari biasanya. Peningkatan detak jantung merupakan sinyal bahwa tubuh Anda sedang memperbaiki diri.

Libido Menurun

Saat tubuh dalam kondisi lelah, ia akan menghemat energi untuk proses pemulihan. Kadar testosteron tubuh pun ikut menurun seiring penghematan energi yang dikonsentrasikan untuk pemulihan. Nah, salah satu dampak dari proses ini adalah penurunan gairah seksual dan tingkat kesuburan.

Jika Anda mengalami 3 gejala di atas bisa jadi Anda sedang mengalami overtraining. Untuk mengatasinya, sebaiknya istirahat dahulu dari latihan yang Anda lakukan .(dan)

BACA JUGA: Ini Lho, Latihan yang Bakal Menjadi Tren di 2014

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes