Mengapa Bisa Kecanduan Ponsel? Inilah Penyebabnya!

Menurut penelitian terbaru di AS, perilaku impulsif dan materialisme ternyata menjadi penyebab utama yang mendorong manusia kecanduan ponsel dan instant messaging (SMS). Hal ini sebanding dengan perilaku shopaholic dan penyalahgunaan kartu kredit yang kompulsif.

“Ponsel adalah salah satu bagian dari budaya konsumen kita,” ujar penulis studi James Roberts, profesor pemasaran di Hankamer School of Business di Baylor University. “Ponsel tidak hanya alat konsumen, tetapi juga digunakan sebagai simbol status. Ponsel bahkan bisa mengikis hubungan pribadi kita.”

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang dewasa muda mengirim rata-rata 109,5 pesan teks dalam sehari atau sekitar 3.200 pesan teks setiap bulannya, menurut laporan Journal of Behavioural Addictions.

Orang juga menerima 113 pesan teks balasan dan memeriksa ponsel hampir 60 kali dalam sehari. Mahasiswa juga menghabiskan sekitar 7 jam sehari untuk berinteraksi dengan teknologi informasi dan komunikasi ini.

Roberts, bersama Stephen Pirog III, profesor pemasaran di Seton Hall University, menemukan bahwa materialisme dan impulsif bisa mendorong kecanduan ponsel.

Ponsel digunakan sebagai bagian dari ritual konsumsi dan juga bertindak sebagai ‘pengaman’ bagi para pengguna yang kecenderungan impulsif, menurut Roberts. Impulsif ini memainkan peran penting dalam perilaku dan kecanduan.

Penelitian ini adalah yang pertama kalinya menyelidiki peran materialisme dalam kecanduan ponsel. Menurut Roberts, materialisme merupakan nilai konsumen penting yang berdampak pada banyak keputusan yang kita buat sebagai konsumen.

Data untuk penelitian ini berasal dari laporan survei dari 191 mahasiswa bisnis di dua universitas AS. “Ponsel digunakan oleh sekitar 90 persen dari mahasiswa dan melayani lebih dari sekedar satu tujuan penggunaan,” tambah Roberts. (jay)

BACA JUGA : Bahaya Radiasi Ponsel pada Bayi

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes