Merokok Saat Hamil Sebabkan Anak Sulit Membaca

Anak-anak yang lahir dari ibu yang merokok lebih dari satu bungkus per hari selama kehamilan mengalami kesulitan dalam tes yang dirancang untuk mengukur seberapa akurat membaca dan memahami apa yang mereka baca.

Peneliti Jeffrey Gruen, MD, profesor pediatri dan genetika di Yale School of Medicine, dan rekan-rekannya menganalisis data dari lebih dari 5.000 anak-anak yang terlibat dalam studi Avon Longitudinal Study of Parents and Children (ALSPAC).

Gruen dan timnya membandingkan kinerja anak pada 7 tugas – seperti kecepatan membaca, mengidentifikasi satu kata, ejaan, akurasi, membaca kata dan non-kata, dan pemahaman bacaan – dengan ibu merokok, setelah disesuaikan untuk status sosial ekonomi, interaksi ibu-anak, dan 14 faktor potensial lainnya.

Peneliti menemukan rata-rata anak yang terkena tingkat tinggi nikotin dalam rahim mendapatkan 21 persen lebih rendah di tes tersebut, ketimbang teman sekelas yang lahir ibu tidak merokok. Anak-anak tersebut diuji pada usia 7 tahun dan 9 tahun.

“Interaksi antara paparan nikotin dan fonologi menunjukkan adanya interaksi gen lingkungan yang signifikan dan ini membuat anak-anak yang mengalami defisit fonologis sangat rentan,” ujar Gruen seperti dikutip Zeenews.com.

Temuan ini diterbitkan dalam edisi terbaru Journal of Pediatrics. (jay)

BACA JUGA : Wanita Sulit Hamil jika Ibu Menopause Dini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes