Pengobatan Potensial untuk Alzheimer Ditemukan!

Sebuah tim peneliti dari Universite Laval, CHU de Quebec, dan perusahaan farmasi GlaxoSmithKline (GSK) telah menemukan cara untuk merangsang atau mengaktifkan mekanisme pertahanan alami otak pada orang dengan penyakit Alzheimer.

Pengobatan Potensial untuk Alzheimer Ditemukan

Seperti dikutip Zeenews.com, ini merupakan terobosan besar yang akan membuka pintu untuk pengembangan pengobatan Alzheimer dan vaksin untuk mencegah penyakit tersebut.

Salah satu karakteristik utama dari penyakit Alzheimer adalah produksi molekul beracun di otak yang dikenal sebagai amyloid beta. Sel mikroglial, sistem pelindung saraf, tidak mampu menghilangkan molekul ini, yang membentuk endapan yang disebut plak pikun.

Tim yang dipimpin oleh Dr. Serge Rivest, profesor di Faculty of Medicine, Universite Laval, dan peneliti di CHU de Quebec Research Centre (Kanada), berhasil mengidentifikasi molekul yang bisa merangsang aktivitas sel-sel kekebalan otak.

Molekul, yang dikenal sebagai MPL (monophosphoryl lipid A), sudah digunakan secara luas sebagai vaksin adjuvant oleh GSK selama bertahun-tahun, dan keamanannya sudah jelas.

Pada tikus dengan gejala Alzheimer, suntikan mingguan MPL selama 12 minggu mampu menghilangkan plak pikun hingga 80 persen. Selain itu, tes untuk mengukur kemampuan tikus dalam mempelajari tugas baru juga menunjukkan adanya perbaikan yang signifikan dalam fungsi kognitif selama periode yang sama.

Para peneliti juga menemukan 2 penggunaan MPL yang berpotensi. Penggunaan ini termasuk sebagai suntikan intramuskular pada orang-orang dengan penyakit Alzheimer untuk memperlambat perkembangan penyakit, dan dapat dimasukkan ke dalam vaksin yang dirancang untuk merangsang produksi antibodi terhadap amyloid beta.

Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal online dari Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS). (jay)

BACA JUGA: Minum Alkohol Saat Hamil Bisa Turunkan IQ Anak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes