Pentingnya Kasih Sayang Orang Tua bagi Kesehatan Si Anak

Dampak dari perlakuan kasar dan kurangnya kasih sayang orang tua pada anak dapat memengaruhi kesehatan buruk bagi si anak termasuk berisiko pada penyakit kardiovaskular ketika dewasa.

Parents Reading to Laughing Boy

Sebuah penelitian baru yang diklaim sebagai penelitian pertama yang meneliti dampak dari perlakuan kasar dan kurangnya kasih sayang ini dilakukan oleh University of California (UCLA), Los Angels.

Tim peneliti yang dibantu oleh sekitar 756 orang dewasa yang bersedia berpartisipasi dalam penelitian yang disebut Coronary Artery Risk Development in Young Adults (CARDIA), mengukur 18 tanda-tanda risiko kesehatan biologis, termasuk tekanan darah tinggi, detak jantung, hormon stres, kolesterol, peradangan, dan regulasi gula darah.

Lalu para peneliti menganalisa risiko untuk penyakit biologis dengan melihat data skala laporan diri atau Risky Families Questionnaire.

Hasilnya, mereka menemukan adanya hubungan yang signifikan antara data perlakuan kasar dimasa kanak-kanak dengan risiko kesehatan yang buruk termasuk risiko penyakit kardiovaskular ketika dewasa diantara para peserta.

“Temuan kami menunjukan, mungkin ada cara untuk mengurangi dampak perlakukan kasar, setidaknya dari segi kesehatan fisik si anak,” kata Judith E. Carroll, PhD., seorang peneliti di Cousins Center for Psychoneuroimmunology, UCLA, sekaligus penulis utama penelitian ini.

Menurut Caroll, jika anak mendapatkan cinta dan kasih sayang dari sosok orang tua, mereka mungkin lebih terlindungi dari dampak perlakukan kasar yang berisiko pada masalah kesehatan ketika dewasa, daripada mereka yang tidak mendapatkan cinta dan kasih sayang dari orang tua.

“Penelitian ini melihat sejauh mana pengalaman negatif anak di usia dini yang berhubungan dengan risiko kesehatan biologis menjadi meningkat di hampir semua sistem regulasi tubuh ketika si anak dewasa,” ujar Teresa E. Seeman, PhD., profesor epidomologi di Fielding School of Public Health, UCLA, yang terlibat dalam penelitian ini, seperti yang dilansir dari Daily Mail, Selasa (08/10).

Penelitian yang juga telah dipublikasikan secara online oleh Proceedings of the National Academy of Sciences, menyimpulkan bahwa betapa pentingnya sikap orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak yang ternyata sebenarnya dapat memengaruhi kesehatan biologis si anak ketika dewasa. (boy)

BACA JUGA : Anak Lebih Pintar Jika Diasuh Orang Tua Lengkap

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes