Pola Makan Sehat Cegah Kenaikan Bobot saat Hamil

Menurut penelitian terbaru, pola makan sehat dan menghindari makan berlebihan selama kehamilan ternyata membantu mencegah kenaikan berat badan pada sang ibu dan bayinya.

diet sehat cegah kegemukan saat hamil

“Bayi yang besar bisa menjadi anak yang besar dan semakin besar saat dewasa. Jika kita bisa mengurangi risiko hal itu, kita bisa memberi dampak kesehatan besar di masyarakat,” ujar Lesley McCowan, profesor kebidanan dan ginekologi di University of Auckland, Selandia Baru.

Penelitian yang dipimpin oleh McCowan, menunjukkan bahwa 74 persen wanita hamil yang pertama kalinya akan mendapatkan kenaikan berat badan berlebihan.

“Bayi yang lahir besar berisiko lahir traumatis, dan lahir melalui caesar juga meningkatkan kemungkinan komplikasi bagi sang ibu,” tambah McCowan, seperti dikutip Zeenews.com.

“Jika kita bisa mengoptimalkan berat badan selama kehamilan, kita juga bisa menghilangkan penyebab utama obesitas pada wanita,” kata McCowen. “Kebanyakan wanita yang mengalami kenaikan berat badan berlebihan tidak mampu menurunkan berat badan setelah kelahiran dan terjebak dalam kegemukan.”

“Temuan ini penting bagi kesehatan ibu dan bayi,” kata McCowan. “Berat badan berlebihan selama kehamilan tidak hanya akan memperparah obesitas setelah kelahiran, namun juga akan menyebabkan obesitas di kemudian hari.”

Penelitian ini dilakukan oleh International SCOPE Consortium, yang bertujuan untuk mengembangkan cara efektif dalam memprediksi dan mencegah komplikasi kehamilan. Penelitian ini melibatkan sebanyak 1.950 partisipan, yang berasal dari Auckland (Selandia Baru), Adelaide (Australia), serta Cork (Irlandia). (jay)

BACA JUGA: Mengapa Cokelat Baik untuk Kesehatan Anda?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes