Protein Ini Mampu Deteksi Risiko Diabetes!

Para peneliti dari Swedia telah mengidentifikasi protein dalam darah yang mampu mendiagnosa risiko diabetes pada tahap awal. Sehingga, hal ini diharapkan bisa mengurangi kemungkinan penyakit yang merusak daerah lainnnya seperti pembuluh darah dan mata, karena keterlambatan diagnosis.

“Kami telah menunjukkan bahwa individu yang memiliki tingkat protein, yang disebut SFRP4, diatas rata-rata dalam darah adalah lima kali lebih mungkin berisiko untuk mengembangkan diabetes dalam beberapa tahun ke depan dibandingkan dengan tingkat protein tersebut di bawah rata-rata,” ujar Anders Rosengren, moncler armoise albizia 2 peneliti dari Lund Universitas Diabetes Centre (LUDC).

Ini adalah pertama kalinya adanya hubungan yang terbentuk antara protein SFRP4, yang memainkan peran dalam proses peradangan dalam tubuh, dan risiko diabetes tipe 2.

Penelitian di LUDC, yang membandingkan sumbangan sel beta penghasil insulin dari individu diabetes dan non-diabetes, menunjukkan bahwa sel-sel dari penderita diabetes ini memiliki jumlah protein SFRP4 yang lebih tinggi.

Ini juga pertama kalinya ditemukan adanya hubungan antara peradangan pada sel-sel beta dan diabetes yang terbukti. nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress

“Secara teori, tingkat rendah peradangan kronis bisa melemahkan sel-sel beta sehingga mereka tidak lagi mampu mengeluarkan insulin yang cukup. Tidak ada alasan-alasan yang meragukan lagi pada penyebab kelemahan ini, termasuk protein SFRP4 salah satunya,” ujar Taman Mahdi, salah satu peneliti di kelompok Rosengren.

Tingkat protein SFRP4 dalam darah pada penderita non-diabetes diukur tiga kali dengan selang waktu tiga tahun.

Sebanyak 37 persen dari mereka memiliki lebih tinggi dari tingkat rata-rata terserang diabetes selama periode penelitian. nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress Di antara mereka yang memiliki tingkat rata-rata lebih rendah, hanya 9 persen mengembangkan kondisi diabetes. Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism. (jay)

BACA JUGA : Kosmetik bisa Picu Menopause Dini

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes