hipertensi

Remaja Obesitas Hampir Pasti Mengalami Hipertensi?

Obesitas pada remaja memiliki implikasi pada masalah kesehatan mereka. Terbaru, hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang obesitas hampir pasti mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi.

hipertensi

Obesitas pada anak-anak semakin meningkat tiap tahunnya. Di Amerika Serikat misalnya, data saat ini menunjukkan bahwa 17 persen anak-anak mengalami obesitas. Memang telah banyak bukti yang menunjukkan bahwa obesitas terkait dengan hipertensi.

Dikutip dari Medical News Today, Rabu (04/03), Dr. Yaron Arbel dari Tel Aviv Medical Center menganalisis data pada remaja yang obesitas pada tahun 1998-2011. Selain itu, juga diteliti hubungan antara tekanan darah dan indek massa tubuh (BMI). Peneliti melakukan analisis data pada 715.000 remaja berusia 16-20 tahun, dan 59 persen diantaranya adalah laki-laki. Dalam penelitian ini, remaja yang obesitas diklasifikasikan dengan memiliki BMI lebih dari 25.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 1998, ada 13,2% remaja kelebihan berat badan. Pada tahun 2011, proporsi ini meningkat menjadi 21%. Dalam periode yang sama, presentasi tekanan darah tinggi pada remaja juga meningkat. Yakni meningkat 28 persen pada laki-laki dan 12 persen pada perempuan.

Meski demikian, hasil studi menunjukkan bahwa hubungan obesitas remaja dengan tekanan darah tinggi lebih kuat dialami perempuan. Menurut peneliti, hal ini mungkin dikarenakan faktor hormonal.

“Obesitas pada remaja dapat membuat mereka memiliki penyakit seperti yang dimiliki kebanyakan orang dewasa seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan osteoarthritis,” kata Dr. Arbel.

Dr. Arbel menambahkan, hasil penelitian ini kembali mempertegas bahwa pentingnya menyoroti BMI sebagai penanda kesehatan kardiovaskuler pada semua jenis tubuh. (ctr)

BACA JUGA: Rokok Tak Bisa Turunkan Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes