Segelas Air di Pagi Hari Bagus untuk Kesehatan, Asal..

Dokter cenderung tidak sependapat dengan kepercayaan tradisional yang mengatakan bahwa minum segelas air putih di pagi hari adalah cara efektif untuk mengatasi sembelit.

Sebagian orang percaya bahwa segelas air dingin yang segera diminum habis saat bangun pagi efektif memberikan kejutan kepada sistem tubuh.

Sebagian orang lainnya juga percaya manfaat itu bekerja jika air yang diminum agak hangat, sebagian lainnya menganggap air dingin atau air hangat untuk tujuan itu hanya sebuah mitos belaka.

“Beberapa orang yang mengalami sembelit berhasil mengatasinya dengan meminum segelas air putih setelah bangun pagi dan mereka terus melakukannya untuk waktu yang lama. Namun, pasien lain tidak mendapat hasil apa-apa dari cara tersebut,” ujar dokter di Pusan National University Hospital, Lee Bong-eun, seperti dikutip Antaranews.com.

“Teorinya, pencernaan itu belum aktif sesaat setelah bangun tidur dan dalam keadaan perut kosong, jadi segelas air putih bisa menstimulasi sistem pencernaan dan melembutkan isi pencernaan,” katanya.

Namun, Lee mengatakan bahwa cara ini bisa memberikan efek yang berbeda di setiap orang. Ia juga menyarankan untuk orang-orang yang sudah menggunakan cara ini agar mengganti air dingin dengan air hangat.

“Meneguk air dingin dalam keadaan perut kosong lebih banyak memberikan efek buruk dibandingkan efek baik untuk pencernaan,” tutupnya. (jay)

BACA JUGA : 6 Alasan Bodyweight Training Baik untuk Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes