Studi: Latihan Beban Efektif Cegah Kanker Payudara

Selama lebih dari satu dekade, mitos yang menyebutkan bahwa wanita sebaiknya tidak latihan beban menjadi anggapan tanpa dasar yang akhirnya di telan mentah-mentah oleh hampir seluruh wanita di dunia, terutama di Indonesia.

Latihan-Beban-Efektif-Cegah-Kanker-Payudara

Mitos ini semakin kuat ketika banyak wanita beranggapan bahwa latihan beban dapat membuat tubuh mereka kekar layaknya pria jika kebanyakan mengangkat yang berat-berat (latihan beban).

Dr. Eric Winer dari Dana-Farber Cancer Center di Boston mengatakan, “ Ada berapa banyak generasi di luar sana yang disesatkan oleh mitos ini? Padahal latihan beban justru memberikan manfaat kesehatan bagi mereka. Terutama dalam mengurangi risiko kanker payudara.”

Tim peneliti dari University of Pennsylvania yang dipimpin oleh Kathryn Schmitz, melakukan pengamatan pada lebih dari 80 orang wanita yang telah selesai menjalani perawatan kanker payudara, di antaranya ada yang mengikuti program latihan beban dan sebagian lagi tidak.

Kelompok yang melakukan latihan beban diajarkan 9 dasar latihan beban untuk melatih otot-otot dada, punggung, bahu, lengan, pinggang dan paha. Selama 13 minggu pertama, mereka mengikuti latihan sebanyak dua kali seminggu, 90 menit sesi latihan mencakup latihan peregangan, latihan kardio, dan latihan otot perut dan punggung.

Dari penelitian di atas didapatkan kesimpulan menarik yaitu:

  • Wanita yang melakukan latihan beban berhasil menambah massa ototnya dibandingkan mereka yang tidak melakukan latihan beban. Mereka juga berhasil meningkatkan kualitas kehidupan mereka.
  • Wanita yang berlatih beban berhasil meningkatkan kesehatan pernafasan, jantung dan pembuluh darah, serta kekuatan dan fungsi otot mereka.
  • Dua atau tiga sesi dalam seminggu, yang masing-masing dilakukan selama 20 atau 30 menit cukup untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup penderita kanker payudara.

“Intinya, para wanita dianjurkan untuk berolahraga setidaknya 150 menit seminggu untuk mengurangi risiko kanker payudara sekaligus untuk menjaga berat badan idealnya,” tambah Dr. Eric Winer. (dan)

BACA JUGA : Kalsium adalah Pembakar Lemak

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes