Usia Bertambah, Fungsi Indera Penciuman Berkurang?

Ternyata selain berisiko osteoporosis, orang yang sudah berusia lanjut juga bisa berisiko terkena gangguan indera penciuman lho!

Usia Bertambah, Fungsi Penciuman Pun Berkurang

Penelitian yang telah dipublikasikan dalam JAMA Otolaryngology-Head & Neck Surgery, menyebutkan bahwa orang tua yang sudah berusia diatas 50 tahun rentan terkena gangguan indera penciuman, yang mengakibatkan mereka tidak bisa mengenali bau atau wangi apapun.

Untuk membuktikan hasil penelitian ini, sebelumnya para peneliti telah melakukan analisis selama 10 tahun pada 1.600 orang yang berusia 50 tahun keatas dan diketahui tidak memiliki gangguan indera penciuman.

Selama penelitian, para peneliti terus menguji kemampuan para peserta dengan memberikan 8 jenis aroma dari berbagai sumber, termasuk aroma lemon, cokelat, dan kopi. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa 28% peserta diantaranya telah mengalami masalah pada indera penciuman.

Risiko ini juga diketahui lebih besar dialami oleh pria dan perokok berada pada posisi lebih tinggi terkena risiko gangguan masalah indera penciuman.

Namun ini bukan berarti kabar buruk bagi para orang tua, karena penelitian ini juga menemukan cara sederhana untuk membantu mencegah risiko tersebut, yaitu dengan membiasakan diri melakukan olahraga teratur.

Dengan teratur melakukan olahraga, terbukti cukup untuk membantu mengurangi risiko ganguan masalah pada indera penciuman. Hal ini mungkin dikarenakan, olahraga dapat meningkatkan fungsi otak untuk terus memberikan ‘sinyal’ pada saraf penciuman.

So, mari kita jaga kesehatan tubuh juga indera penciuman kita dengan teratur berolahraga ya! (boy)

BACA JUGA : Aroma Bau bisa Hilangkan Ketakutan saat Tidur

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes