Wah, Mahasiswa IPB Ubah Biji Karet Jadi Camilan Sehat

Sekelompok mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang tergabung dalam kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Penelitian (PKMP) berhasil menginovasi biji karet menjadi camilan sehat dan bergizi.

biji karet 1

“Biji karet bisa dijadikan keripik. Selain mengandung protein yang cukup tinggi, biji karet juga mengandung asam amino esensial yang berguna untuk tubuh,” ujar Ketua PKMP IPB Ahmad Mupahir, seperti dikutip dari Antaranews.com.

Bersama timnya, yang terdiri Dede Permana, Ratih Kemala Dewi, Jun Harbi, dan Pipin Urip Kurniasih, mereka meneliti kandungan protein yang terdapat dalam biji karet ternyata cukup besar, yakni 23 persen.

Menurut Mupahir, keripik merupakan makanan ringan khas Indonesia, di mana semua masyarakat menyukai camilan tersebut. Namun, selama ini keripik hanya dikenal menggunakan bahan baku singkong atau pisang.

“Kami memilih biji karet sebagai terobosan baru dan dalam rangka memanfaatkan hasil alam yang dianggap limbah,” katanya. “Kami berharap inovasi ini bisa diaplikasikan warga untuk membantu masalah kemiskinan dan gizi buruk,” katanya.

Ia menambahkan, biji karet, adalah salah satu bahan pangan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Selama ini, biji karet hanya dijadikan alat permainan anak-anak atau dijadikan sebagai bahan baku dasar pembuatan tempe.

Dengan inovasi yang dilakukan timnya, ia berharap ada pengayaan baru terhadap bahan yang selama ini belum banyak dimanfaatkan, namun ternyata punya nilai protein yang baik. (jay)

BACA JUGA: 1 dari 5 Perokok Pernah Mencoba Rokok Elektrik

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes