Yang Terjadi di dalam Tubuh Anda Saat Tertawa

Tertawa memang menyenangkan dan menyehatkan. Para peneliti telah membuktikan bahwa orang yang sering tertawa memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik daripada orang pemurung yang jarang tertawa.

Inilah-yang-Terjadi-di-Dalam-Tubuh-Saat-Tertawa

Tapi tahukah Anda apa yang terjadi dalam tubuh saat Anda tertawa lepas? Berikut fakta unik yang terjadi dalam tubuh saat tertawa, seperti dilansir NBC New.

Paru-paru
Diafragma dan otot dada mengalami kontraksi dan mengencang, mendorong udara keluar dari paru-paru yang menggetarkan pita suara dan menciptakan suara pendek khas orang tertawa.

Mata
Saat tertawa, kelenjar air mata akan mengeluarkan air sebagai akibat dari luapan emosi seseorang saat tertawa terbahak-bahak.

Jantung
Jantung akan memompa darah lebih kencang seiring meningkatnya suplai oksigen ke seluruh tubuh saat tertawa. Inilah yang menyebabkan jantung berdebar dan napas sedikit tersengal saat tertawa.

Otot
Otot wajah dan perut adalah dua otot yang kerap bekerja ekstra saat tertawa. Inilah sebabnya tertawa baik untuk mengencangkan kulit wajah, walau terkadang bisa membuat perut sedikit kaku akibat tertawa.

Sistem Hormonal
Tubuh memproduksi hormon endorphin saat tertawa. Hormon ini sering disebut sebagai obat pereda nyeri alami yang ada dalam tubuh manusia. Saat tertawa, seseorang akan lupa dengan rasa sakitnya karena tubuh mentoleransinya dengan hormon endorphin. (dan)

BACA JUGA : Jangan Keluarkan Dompet saat Hati Sedang Galau

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes