Yuk, Sehatkan Usus dengan Makan Sayuran Hijau!

Menurut penelitian terbaru, menambahkan sayuran hijau ke dalam pola makan Anda ternyata penting untuk meningkatkan sel-sel kekebalan yang mampu menjaga kesehatan usus.

sayuran berdaun hijau

Sel-sel kekebalan tubuh, bernama innate lymphoid cells (ILCs), ditemukan pada lapisan dari sistem pencernaan dan melindungi tubuh dari bakteri ‘jahat’ dalam usus.

Sel-sel tersebut juga diyakini memainkan peran penting dalam mengendalikan alergi makanan, penyakit inflamasi dan obesitas, dan bahkan dapat mencegah perkembangan kanker usus.

Dr. Gabrielle Belz, Lucie Rankin, Dr. Joanna Groom, dan rekan-rekannya dari divisi Molecular Immunology di Walter and Eliza Hall Institute, Australia, telah menemukan bahwa gen T-bet sangat penting untuk menghasilkan populasi sel-sel kekebalan kritis dan gen T-bet ini mampu merespon sinyal dalam makanan yang kita makan.

Belz mengatakan, penelitian menemukan T-bet sangat penting untuk menghasilkan subset ILCs, yakni jenis sel baru yang mampu melindungi tubuh terhadap infeksi yang masuk melalui sistem pencernaan.

Lebih lanjut, Belz menambahkan bahwa protein dalam sayuran berdaun hijau (cruciferous) diketahui mampu berinteraksi dengan reseptor permukaan sel yang mengaktifkan T-bet, dan kemungkinan berperan dalam produksi sel-sel kekebalan kritis ILCS.

“Protein dalam sayuran hijau bisa menjadi bagian dari jalur sinyal serupa yang digunakan oleh T-bet untuk menghasilkan ILCs,” ujar Belz seperti dikutip Zeenews.com.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Immunology.

BACA JUGA: Hamil Bisa Sebabkan Ukuran Kaki Wanita Membesar?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes