diet keto

Ketahui Hal Penting Ini Sebelum Melakukan Diet Keto

Sudah mencoba berbagai macam diet namun belum berhasil pada penurunan berat badan Anda? Sudah pernah menggunakan diet keto?

Sebelum menjelaskan berbagai hal tentang diet, apakah Anda sudah memahami tentang diet itu sendiri?

Sampai sejauh ini, mungkin masih banyak dari Anda yang beranggapan bahwa diet hanya untuk menurunkan berat badan.
Padahal, diet juga sangat berperan penting bagi Anda yang ingin menambah berat badan.

Karena intinya, diet adalah mengelola makanan terbaik yang sesuai dengan program Anda. Baik itu untuk fat loss, muslce building, atau untuk menjaga kesehatan sehari-hari.

Namun pada artikel kali ini, kita akan fokus pada menu diet terbaik untuk menguruskan badan Anda.

Diet untuk menurunkan berat badan memang banyak sekali jenisnya. Seperti diet mayo, diet atkins, diet paleo, atau diet alkaline.

Ada satu jenis diet lagi yang cukup banyak yang menerapkannya. Yakni diet ketogenik.

Diet Keto Adalah …

diet keto

Sudah pernah mendengar jenis diet ini sebelumnya?

Jika belum, maka artikel ini sangat tepat untuk Anda yang sedang bingung ingin menerapkan program diet seperti apa yang cocok untuk tubuh Anda.

Diet ketogenik atau juga biasa disebut dengan diet keto adalah diet yang menerapkan konsumsi makanan karbohidrat rendah namun tinggi lemak.

Diet keto ini mungkin hampir sama dengan diet rendah karbohidrat atau diet atkins (program menurunkan berat badan lewat konsumsi makanan rendah karbohidrat yang paling gencar dipasarkan dan, otomatis, yang paling terkenal – wikipedia).

Namun perbedaannya adalah pada konsumsi makanan tinggi lemak.

Cara Diet Keto dalam Program Penurunan Berat Badan

diet keto

Dan diet jenis ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Pada menu makanan normal, biasanya Anda mungkin akan mengonsumsi 20-30 persen lemak dari asupan makronutrisi harian.

Tapi ketika Anda masuk pada program diet keto, maka asupan karbohidrat akan dikurangi seminim mungkin dan perbanyak makanan berlemak. Untuk lemak, bisa dikonsumsi 60-70 persen.

Sementara pengurangan karbohidrat ini akan menyebabkan tubuh pada keadaan metabolisme yang disebut ketosis.
Pada kondisi ini, tubuh akan menjadi sangat efisien dalam hal pembakaran lemak menjadi energi.

Juga, dapat membuat lemak menjadi keton atau zat dari metabolisme lemak dalam hati yang akan membantu menyediakan energi bagi otak.

Manfaat Diet Keto yang Masih Pro & Kontra

diet keto

Yang paling utama manfaat dari diet jenis ini adalah dapat membantu menurunkan berat badan secara cepat dan efisien.

Diet ketogenik ini akan membuat tubuh Anda seperti mesin pembakar lemak sehingga sangat ampuh dalam penurunan berat badan.

Pembakaran lemak meningkat dengan cepat sementara insulin turun yang cukup signifikan karena perubahan pada asupan karbohidrat.

Hasil dari beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa diambil dari diet ketogenik ini. Tentu selain dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Karena mengurangi asupan gula dari karbohidrat, maka pengaruhnya akan cukup besar pada penurunan kadar gula darah dan insulin.

Meskipun dikatakan dapat memberikan manfaat kesehatan selain menurunkan berat badan, diet ketogenik juga masih memunculkan perdebatan.

Diet ini sederhananya adalah mengurangi karbohidrat secara drastis atau seminim mungkin. Itu artinya bahwa tubuh Anda harus mendapatkan sumber energi utama yang baru.

Dan sumber itu adalah lemak.

Ketosis sendiri sangat berbeda dengan ketoasidosis, yang merupakan penyebab utama kematian penderita diabetes di bawah usia 24 tahun.

Ketosis diidentifikasi dengan adanya keton dalam aliran darah, bahan kimia yang dihasilkan tubuh saat membakar lemak yang tersimpan.

Diet ketogenik ini telah terbukti efektif dalam membantu mengendalikan kejang pada beberapa orang yang memiliki riwayat epilepsi.

Meskipun begitu, mengganti model pemilihan dan cara menu makanan hampir pasti akan ada komplikasinya.
Dalam hal ini termasuk diet keto.

Seperti risiko penyusutan otot, kelelahan, dan tentu saja yang berkaitan dengan diet yoyo.

Namun, beberapa peneliti yakin bahwa diet jenis ini dapat memberikan manfaat yang cukup baik asalkan sesuai dengan tujuannya.

“Kebanyakan, orang dewasa akan mendapatkan manfaat yang cukup baik dengan cara mengurangi karbohidrat yang signifikan,” kata Susan A Masino, profesor ilmu terapan di Trinity College, Connecticut, dikutip dari laman Healthline.com.

“Akan tetapi, menerapkan diet ini secara ketat tidak mungkin atau tidak realistis dilakukan bagi mereka yang tidak memiliki tujuan kesehatan secara spesifik,” tambahnya.

Sementara itu, ahli gizi dr. Samuel Oetor, MS, Sp.Gk, menuturkan bahwa ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menerapkan program diet ini.

“Ya paling lama enam bulan dilakukan. Idealnya tiga bulan, tapi jangan sampai melebihi enam bulan,” terangnya dikutip dari Viva.co.id.

Dia melanjutkan bahwa untuk diet ini, 100 persen lemak yang dikonsumsi dibagi menjadi dua. Yaitu 20 persen lemak jenuh dan 80 persen lemak tak jenuh ganda seperti alpukat dan minyak ikan.

Jadi bagi Anda yang benar-benar ingin turunkan berat badan dengan cepat, maka diet ketogenik ini dapat direkomendasikan untuk Anda.

Namun yang perlu diingat adalah bahwa sebaiknya tidak terlalu lama menerapkan program diet ini secara kontinyu. Waktu idealnya adalah dilakukan selama 3-6 bulan maksimal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes