hidangan lebaran

Langkah Cerdas Menikmati Hidangan Lebaran Tanpa Takut Diet Gagal

Silaturahmi bersama keluarga maupun teman tercinta adalah yang paling utama dalam perayaan Lebaran. Berkumpul dengan keluarga besar dan menikmati hidangan Lebaran adalah suatu kebanggaan tersendiri.

Bukan hanya itu, pada perayaan Lebaran juga bisa sebagai ‘pesta’ kuliner. Pasalnya, pada momen bahagia ini Anda biasanya akan menjumpai berbagai makanan dan minuman yang menarik dan menggugah selera.

Akan tetapi, makanan yang sangat lezat tersebut pada umumnya makanan yang mengandung tinggi kalori. Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, tentu saja ini bisa menjadi ancaman.

Cara Menikmati Hidangan Lebaran dengan Sehat

hidangan lebaran

Meskipun Anda sedang melakukan program diet (pengaturan pola makan), bukan berarti hal itu akan menurunkan tensi Anda dalam merayakan kuliner Lebaran. Yang perlu Anda lakukan adalah beberapa hal berikut:

1. Hindari Makanan yang Berminyak dan Bersantan

Salah satu jenis makanan nikmat dan menggugah selera yang sering kali hadir saat Lebaran adalah makanan yang bersantan seperti opor ayam. Ini mungkin seperti makanan ‘wajib’ dihidangkan.

Memang, opor ayam adalah makanan yang lezat dan sangat menggigurkan untuk segera dilahap. Namun, makanan tersebut juga mengandung santan dan minyak sehingga cukup tinggi kalorinya.

Belum lagi lemak yang ada kemungkinan lemak jenuh atau lemak jahat. Tentu saja jika tidak terkontrol akan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Kalaupun Anda membuat makanan yang berminyak, sebaiknya gunakan minyak zaitun atau canola.

2. Tetap Kontrol Porsi Makan Anda

Cara paling tepat untuk menikmat hidangan Lebaran tanpa takut diet gagal adalah dengan mengontrol porsi makan Anda.

Tubuh Anda telah didetoksifikasi selama hampir sebulan penuh selama bulan puasa. Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan-makanan yang kurang sehat saat Lebaran seperti junk food. Atau bahkan rokok dan alkohol.

Secara bertahap, pergunakanlah kembali makan lebih sering namun dengan porsi lebih kecil. Makan lebih sering ini frekuensinya antara 5-6 kali dalam sehari.

Selain itu, Anda sepertinya harus ‘wajib’ menghindari snack khas Lebaran yang terlalu manis. Makanan-makanan tersebut mengandung gula dan lemak yang cukup tinggi.

Batasi mengkonsumsi kue-kue dan snack khas Lebaran yang serba manis.

Anda tak ingin gula darah dan respon insulin Anda melonjak naik untuk menimbun lemak bukan?

3. Akan Lebih Baik Perbanyak Makan Buah dan Sayuran

Kalaupun Anda terlalu takut untuk mengonsumsi berbagai makanan khas Lebaran yang lezat, Anda dapat memilih buah dan sayur-sayuran segar.

Selain lebih sehat, pertimbangannya adalah Anda bisa berdiet saat Lebaran karena praktis Anda akan sibuk bersilaturahmi dan tak sempat berolahraga.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1438 H
Mohon Maaf, Lahir & Batin

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes