manfaat vitamin c

Sudah Tahukah Manfaat Vitamin C Bagi Perkembangan Otot Anda?

Jika belum, maka artikel ini akan membuka mata Anda bagaimana manfaat vitamin C yang nyatanya berperan penting dalam pembentukan otot Anda.

Ketika mendengar pertama kali tentang Vitamin C, apa yang akan coba Anda sebutkan?

Jeruk? Sariawan? Atau mencegah penyakit?

Ya, vitamin C terkenal akan reputasinya sebagai anti-oksidan yang kuat. Tapi bukan hanya itu, vitamin C juga memiliki khasiat yang penting baik dari perspektif kesehatan maupun atletik.

Apakah Anda sadar bahwa Anda bisa dengan mudah menemukan suplemen vitamin C di apotek sekitar tempat tinggal Anda?
Ini karena selain sebagai anti-oksidan, vitamin c juga sangat penting dalam menjaga kesehatan kekebalan tubuh.

Vitamin C juga dikenal sebagai Asam L-Ascorbic atau ascorbat. Ini adalah asam gula yang lemah dan secara struktural mirip dengan glukosa.

Secara historis, vitamin C digunakan dalam pengobatan dan pencegahan kudis, yang merupakan penyakit akibat defisiensi vitamin C.

Memang tidak salah apabila Anda akan berpikir tentang jeruk maupun jus jeruk saat berbicara tentang vitamin C, karena cara paling mudah untuk mendapatkan vitamin C adalah melalui buah seperti jeruk maupun sejenisnya seperti limau atau lemon.

Mengapa Harus Konsumsi Vitamin C?

manfaat vitamin c

Di dalam tubuh, vitamin C memainkan berbagai fungsi penting dalam hampir setiap sistem tubuh.

Sebagian besar proses tetrsebut terkait dengan efek anti-oksidan dari vitamin C. Sebagai anti-oksidan, vitamin C berperan dalam pemancaran molekul destruktif yang dikenal sebagai reactive oxygen species (ROS).

ROS merupakan produksi alami tubuh dari banyak proses metabolisme, dan produksi ROS meningkat selama aktivitas yang berat pula seperti latihan yang intens maupun periode stres yang berkepanjangan.

Sesuai dengan namanya, ROS sangat reaktif dengan banyak hal yang bisa mereka dapatkan di: membran sel dan juga protein.

Sementara ROS adalah bagian normal dari proses metabolisme, mereka juga bisa sangat merusak jika kadar atau level mereka terlalu tinggi.

Jika demikian, maka akan meningkatkan kebutuhan tubuh pada anti-oksidan yaitu vitamin C.

Suplementasi vitamin C dapat memberi tubuh anti-oksidan untuk membantu menetralisir molekul ROS dan menjaga agar tetap pada kadar (level) yang sehat.

Biasanya, bentuk suplemen vitamin C yang tersedia di pasaran adalah asam L-Askorbat. Di dalam tubuh vitamin C akan cepat teroksidasi dalam ascorbat, yang merupakan bentuk paling fisiologis.

Apa Saja Manfaat Vitamin C?

manfaat vitamin c

Mencegah kekurangan vitamin C sangat penting bagi tubuh Anda, dan itupun caranya Sangat MUDAH.

Selain buah-buahan yang sudah disebutkan sebelumnya, makanan sumber vitamin C antara lain kentang, kol, kembang kol, serta beberapa makanan siap saji yang mulai diperkaya dengan vitamin C untuk membantu Anda mendapatkan vitamin ini lebih banyak setiap harinya.

Penelitian dalam Journal of the American College of Nutrition menyebutkan, manfaat vitamin C antara lain dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan sistem kekebalan tubuh, anti-oksidan, dan percepat pemulihan akibat stres pasca latihan.

Meskipun demikian, jika telah menggunakan vitamin C dengan dosis yang cukup, belum tentu Anda akan terhindar dari serangan flu yang seperti biasa Anda alami.

Hanya saja para peneliti dari jurnal PLoS Medicine mengatakan bahwa pemberian vitamin C akan membantu mengurangi waktu sakit Anda.

Vitamin C juga dianggap berperan penting dalam mendukung produksi dan pelepasan sitokin serta meningkatkan efisiensi monosit untuk mendapatkan mereka ke tempat yang tepat dalam tubuh.

Tapi ketika penyakit menimpa Anda, toko-toko ini akan cepat habis.

Karena itulah vitamin C sering disertakan dalam hal-hal lain seperti obat batu dan obat flu.

Selain itu, vitamin C adalah adalah kofaktor (senyawa kimia non-protein yang diperlukan untuk aktivitas biologis protein) untuk beberapa enzim, yang berarti reaksinya tidak dapat berjalan efektif jika vitamin tidak ada.

Ini termasuk seperti yang berkaitan dengan sintesis kolagen, shuttle lemak ke dalam mitokondria untuk produksi ATP, dan sintesis neurotransmitter seperti norepinephrine.

Karena efek protektif dan anti-oksidannya, ada bukti bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga.

Jika Anda benar-benar ingin dan yakin untuk meningkatkan RDA vitamin C Anda, maka Anda dapat meningkatkan asupan vitamin C melalui suplementasi seperti Vitamin C plus Kalsium dari Ultimate Nutrition.

Adakah Efek Samping dari Vitamin C?

manfaat vitamin c

Karena vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C tidak cenderung masuk dalam tubuh dalam jangka panjang (lama), konsumsi berlebih akan cenderung dikeluarkan dari dalam tubuh melalui air kencing.

Vitamin C ini berbeda dari kebanyakan vitamin lain seperti vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak.

Inilah sebabnya mengapa konsenstasi vitamin C dan vitamin lainnya jarang mampu membangun kadari toksik.

Penelitian sebelumnya dari Journal of Sports Medicine and Physical Fitness (2008), melaporkan bahwa efek berlebihan dalam konsumsi vitamin C antara lain seperti diare dan juga peningkatan risiko erosi gigi.

Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa tidak ada efek samping sama sekali jika mengonsumsinya secara berlebihan, bahkan ketika individu tersebut mengonsumsi lebih dari dosis.

Meskipun demikian, selalu disarankan untuk mengonsumsi vitamin C (suplemen) sesuai dengan dosisnya.

Cara Terbaik untuk Mendapatkan Manfaat Vitamin C

manfaat vitamin c

Setelah tahu betapa besar manfaat dari vitamin C, maka sekarang adalah saatnya bagaimana cara untuk mendapatkannya setiap hari.

Sebelum itu, alangkah bijaknya untuk mengetahui berapa besar dosis yang direkomendasikan untuk setiap harinya.
Asupan vitamin C yang direkomendasikan adalah 90 miligram untuk pria, dan 75 gram untuk wanita dan vitamin tersebut bisa didapatkan melalui makanan sehari-hari.

Buah jeruk dan grapefruit seing dianggap memiliki jumlah kandungan vitamin C yang besar. Meskipun begitu, Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin C yang cukup besar dari sayuran seperti kangkung.

Namun apabila Anda sangat mencintai latihan dan sering berlatih dengan intens, maka alangkah baiknya asupan vitamin C juga sedikit lebih ditingkatkan.

Apabila vitamin C dari makanan sehari-hari Anda tidak atau kurang mencukupi, maka Anda bisa menambahkannya melalui suplemen baik itu dalam bentuk tablet, chewables (tablet hisab), maupun dari minuman bervitamin C.

Hal ini juga yang ada pada Vitamin C Plus Calcium dari Ultimate Nutrition yang berfungsi membantu meningkatkan daya tahan dan daya pulih tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, kanker, dan katarak, serta mengurangi racun di dalam hati (liver).

Tidak cukup hanya itu, Vitamin C dari Ultimate Nutrition juga mengandung kalsium yang mana sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Walaupun Vitamin sangat penting bagi perkembangan goal fitnes Anda, bukan berarti Anda melupakan nutrisi lain untuk membantu program fitnes Anda.

Kalaupun Anda sudah menambahkan suplementasi vitamin C, sebaiknya pantau juga asupan nutrisi lain yang juga perannya tak kalah penting. Seperti protein, karbohidrat, maupun mineral.

Protein misalnya. Protein merupakan makanan utama bagi otot Anda. Jadi apabila protein kurang mencukupi meskipun Vitamin C sudah cukup, maka hasil yang Anda peroleh juga tidak akan maksimal.

Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes