Waktu Terbaik Konsumsi Teh Hijau untuk Maksimalkan Diet Anda

Telah banyak penelitian yang menyebutkan banyak manfaat kesehatan dari rutin mengonsumsi teh hijau. Seperti membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda dan menjaga tubuh Anda tetap bugar.

Ini dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) yang membantu mencegah kanker, mengatasi radikal bebas dan racun-racun dalam tubuh Anda.

Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa antioksidan lain seperti katekin dan polifenol untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Agar Anda mendapatkan khasiat yang maksimal dari teh hijau, sebaiknya Anda mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengonsumsi Teh Hijau?

TehHijau1

Kapan waktu terbaik mengonsumsi teh hijau? Untuk menjawabnya sebenarnya tergantung dari apa tujuan (goal) Anda.

Ada beberapa alasan seseorang, termasuk Anda, untuk mengonsumsi teh hijau. Antara lain ingin menurunkan berat badan, atau ingin mendapatkan manfaat kesehatan lain dari teh hijau. [Baca Juga: Cara Enak Sambil Bakar Lemak dengan Teh Hijau]

Berikut adalah waktu terbaik rekomendasi dari hasil penelitian.

#Konsumsi Teh Hijau untuk Mendapatkan Antioksidan yang Tinggi

TehHijau2

Untuk mendapatkan manfaat antioksidan terbaik dari teh hijau, sebaiknya Anda mengonsumsi teh hijau di antara waktu makan. Pertama, karena mencegah katekin bereaksi dengan kasein (protein) yang ada dalam susu atau makanan lain. Reaksi ini akan dapat mengurangi efektivitas teh hijau.

Menurut penelitian dari University of Marryland Medical Center menyebutkan bahwa teh hijau dapat menghambat pencernaan kalsium dan zat besi yang berasal dari tanaman. Tentunya ini akan menjadi masalah bagi mereka yang rentan terhadap anemia.

Sementara itu, studi di Cina menyebutkan bahwa teh hijau dapat mengurangi penyerapan makro nutrisi seperti protein dan lemak.

Karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi teh hijau dua jam sebelum atau sesudah makan.

>> Teh Hijau Membantu Menurunkan Berat Badan, Asal … <<

#Konsumsi Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

TehHijau3

Teh hijau memiliki dua cara untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan dengan menghambat penyerapan lemak.

Jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan berat badan, Anda dapat mengonsumsinya bersamaan dengan makanan Anda. Namun ingat, ini dapat Anda lakukan jika Anda tidak memiliki perut yang sensitif karena teh hijau adalah alkaline dan merangsang sekresi asam lambung.

Anda juga dapat mengonsumsi teh hijau berkualitas terbaik untuk menurunkan berat badan seperti Java Prime Matcha Latte yang menciptakan sensasi matcha lezat dengan kalori terkontrol. Ditambah kandungan L-Carnitine untuk membantu pembakaran lemak tubuh Anda >> Java Prime Matcha Latte

Sebaiknya Hindari Konsumsi Teh Hijau Pada Saat Seperti Ini

TehHijau4

Yang pertama adalah sebaiknya jangan mengonsumsi teh hijau di pagi hari ketika kondisi perut masih kosong. Hal ini dikarenakan kafein dalam teh hijau bisa menyebabkan dehidrasi.

Selain itu teh hijau juga dapat merangsang pelepasan asam lambung yang bisa menyebabkan sakit perut.

Dan yang kedua adalah sebaiknya jangan mengonsumsi teh hijau pada saat makan. Mengapa? Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konsumsi teh hijau pada saat makan dapat mengurangi penyerapan nutrisi penting, salah satunya adalah thiamin (vitamin B1). Salah satu akibat jika kekurangan vitamin ini adalah penyakit beri-beri.

Baca Juga: Rutin Minum Teh Hijau dan Rasakan Manfaatnya

Bagaimana Kandungan Kafein dalam Teh Hijau?

TehHijau5

Tidak sedikit yang ragu untuk mengonsumsi teh hijau karena kandungan kafeinnya, terutama mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung, darah tinggi, atau maag.

Teh hijau sendiri mengandung kafein seperti pada teh jenis lainnya. Namun, kandungan kafein dalam teh hijau bervariasi tergantung dari jumlah yang Anda seduh.

Semakin banyak Anda mengonsumsi maka akan semakin tinggi pula kafein yang Anda konsumsi.

Sementara itu, menurut studi yang diterbitkan dalam The Journal of Food Science, secangkir (7 ons) teh hijau dalam 3 menit mengandung sejumlah kafein sebagai berikut:
– Olong teh: 37 mg
– Teh hijau Kenya: 58 mg
– Teh hijau India: 59 mg

Apakah Baik Konsumsi Teh Hijau Sebelum Tidur?

TehHijau6

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah tergantung dari apa alasan Anda mengonsumsi teh hijau.

Jika Anda ingin mengonsumsi teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan, maka sebaiknya konsumsi 1 jam sebelum Anda berangkat tidur agar Anda tidak perlu bangun dari tidur saat buang air kecil.

Konsumsi teh hijau sebelum tidur juga dapat membantu membakar lemak meski dalam keadaan tidur.
Namun jika Anda tidak berniat untuk menurunkan berat badan, sebaiknya hindari konsumsi teh sebelum tidur. Ini karena kafein yang terkandung dalam teh hijau dapat mengganggu waktu tidur Anda.

Note: Dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi teh hijau serta diimbangi dengan latihan serta pola makan yang tepat maka program penurunan berat badan akan mendapatkan hasil yang memuaskan >> Java Prime Matcha Latte

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes