perut sixpack

5 Alasan Kenapa Perut Sixpack Anda Belum Juga Muncul!

Jika Anda berniat untuk memangkas lemak tubuh berlebih dan memiliki bentuk tubuh yang ramping, ideal, dan perut sixpack, maka Anda tidak sendirian. Program pemangkasan lemak adalah salah satu tujuan utama yang paling sering diperbincangkan di dunia fitnes dan gym.

Jika Anda bertanya pada banyak fitnes mania di gym, kemungkinan besar tujuan utama fitnes mania tersebut adalah mengurangi kadar lemak tubuh yang berlebih.

Tujuannya adalah agar mereka mendapatkan bentuk tubuh yang ideal dan atletis sekaligus sehat secara keseluruhan. Dan bagi banyak pria, mungkin akan terlihat ‘ganteng maksimal’ dengan otot perut yang terpahat sixpack.

Namun, memiliki perut yang ramping serta memperlihatkan otot perut yang sixpack memang gampang-gampang susah.

perut sixpack

Meskipun otot perut sudah dimiliki tiap manusia, baik itu enam atau delapan pack (eight pack), namun untuk memperlihatkannya tidak mudah. Agar terlihat, maka Anda harus mengurangi kadar lemak tubuh terutama di sekitar perut yang menutupi sixpack Anda.

Cara utama untuk mengurangi kadar lemak perut adalah dengan latihan, baik latihan beban maupun latihan kardio. Pastinya juga harus diimbangi pola makan yang tepat serta istirahat yang cukup.

Banyak sekali jenis latihan dan program diet (pengaturan pola makan) yang dapat Anda temukan untuk membantu program perut sixpack Anda. Seperti pada artikel-artikel lain di Duniafitnes.com yang memberikan contoh pola latihan dan pola makan tepat untuk membantu program turunkan berat badan maupun perut sixpack.

Namun, beberapa diantara Anda mungkin masih cukup kesulitan atau bahkan gagal memunculkan perut sixpack meski sudah rutin berlatih. Jika demikian, apa yang terjadi? Berikut lima alasan umum menggapa Anda gagal mendapatkan perut sixpack!

1. Selalu Ada Alasan untuk Menunda Diet

sixpack-bangun-tidur

Jika Anda berniat untuk memangkas lemak tubuh berlebih, maka langkah utama selain latihan adalah Anda mengetahui tentang gizi, yaitu dengan mengatur pola makan (diet).

Misalnya, Anda mulai menghitung berapa kalori setiap makanan yang akan Anda konsumsi.

Namun, angka-angka tersebut akan menjadi tidak berharga apabila Anda selalu menunda-nunda program diet.

Katakanlan Anda sudah mulai mempelajari dan menghitung berapa kalori setiap makanan, dan Anda bersiap untuk memulai minggu depan.

Ketika hari tersebut tiba, Anda justru menunda dengan berbagai alasan seperti kurang persiapan. Semakin sering Anda menunda program diet Anda, maka Anda akan semakin jauh dari impian Anda memiliki pahatan perut sixpack.

So, jangan jadikan kurang persiapan sebagai alasan Anda menunda diet. MULAI DARI SEKARANG!

2. Kurang Konsistensi

SixpackHL

Menonjolkan pahatan perut sixpack adalah sebuah proses, dan proses tersebut membutuhkan sebuah konsistensi. Jika Anda ingin segera mendapatkannya, maka Anda harus fokus berlatih dan diet dalam jangka panjang.

Karena otot yang ditarget adalah perut, maka Anda melatih otot perut Anda terus menerus dengan mengabaikan latihan untuk otot lainnya.

Cara tersebut justru akan menghambat program Anda. Ingat, otot perut Anda juga memerlukan istirahat, sementara otot lain juga perlu Anda latih. >> 5 Langkah Membuat Resolusi Fitnes Anda Tetap Konsisten

Latihan yang konsisten memang diperlukan, namun jangan mengabaikan waktu istirahat. Mengapa? Karena waktu istirahat inilah otot Anda berkembang.

Konsisten latihan adalah kuncinya, namun perlu diperhatikan istirahat dan strategi gizi yang tepat untuk meningkatkan daya tahan dan pulih tubuh Anda, mencegah overtraining, serta terhindari dari cedera.

3. Sekali Lagi, Jangan Konsumsi Minuman Keras!

Sixpack1

Jika Anda berniat untuk mendapatkan pahatan perut sixpack, maka sebaiknya adalah hindari mengonsumsi alkohol.

Alasannya adalah, alhokol mengandung tujuh kalori per gramnya. Tentuk, jumlah ini lebih banyak daripada makronutrisi seperti karbohidrat atau protein.

Tidak hanya itu, konsumsi alkohol juga dapat merangsang tubuh untuk menyimpan lemak.

Selain dapat menggagalkan program perut sixpack Anda, konsumsi alkohol juga dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Baca artikel Ini Sebabnya Anda tak Lagi Butuh Rokok & Alkohol dan Anda akan mendapatkan informasi bahaya kesehatan dari alkohol.

4. Tidak Merasa Tertantang

sixpack

Karena nyaman dengan program latihan tertentu, Anda selalu melakukan latihan tersebut dalam jadwal latihan rutin Anda. Baik itu jenis latihan, jumlah beban, set, maupun jumlah repetisinya tetap sama.

Pada awalnya, latihan ini mungkin akan memberikan hasil yang baik bagi Anda. Namun dalam jangka panjang, otot tubuh Anda tidak akan berkembang lagi karena otot sudah beradaptasi.

Sama halnya dengan asupan nutrisi. Jika sebelumnya Anda mengonsumsi lemak dan karbohidrat sedikit, maka jumlah asupan akan bertambah seiring dengan bertambahnya aktivitas latihan Anda. Dua makronutrisi tersebut merupakan bahan bakar tubuh Anda sebelum dan setelah latihan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan untuk Membantu Anda Mendapatkan Perut Sixpack

5. Stres Hambat Program Perut Sixpack Anda

latihan pembentuk sixpack

Jika Anda mencoba untuk mendapatkan perut sixpack, Anda perlu belajar untuk rileks dan mengatasi stres. Mengapa? Karena stres dapat membuat tubuh Anda menumpuk lemak.

Ketika Anda tertekan atau stres, bagaimana dengan pola makan Anda? Stres berpotensi menimbulkan binge eating atau makan berlebihan (walaupun stres juga bisa mengurangi intensitas makan Anda).

Beberapa cara terbaik untuk mengurangi stres seperti mendapatkan tidur yang berkualitas, atau kelola dengan baik masalah pribadi yang bisa menyebabkan Anda tertekan.

Note: Dengan baca ebook gratis ini, Anda akan dapat cara terbaik untuk dapat perut sixpack dengan cara yang mudah dan hanya dalam waktu singkat >> CARA MUDAH DAPATKAN PERUT SIXPACK IDAMAN ANDA

banner-DF-Ebook

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes