suplemen pembentukan otot

3 Suplemen Penting Maksimalkan Pembentukan Otot

Untuk membentuk dan menguatkan otot tubuh yang diinginkan, perlu latihan keras dan juga diet yang sehat. Namun apalagi yang dibutuhkan untuk mendapatkan goal tersebut? Jawabannya adalah asupan suplemen yang tepat.

suplemen pembentukan otot

Sudah banyak suplemen yang telah beredar di pasaran dengan beragam merk, termasuk suplemen untuk pembentukan otot. Berikut beberapa suplemen yang berperan penting untuk memaksimalkan pembentukan dan kekuatan otot.

1. Creatine Monohydrate

Creatine adalah salah satu suplemen yang efektif, aman, dan juga populer di kalangan binaragawan atau pada atlet olahraga secara umum. Suplemen Creatine Monohydrate bertugas untuk meningkatkan jumlah creatine phosphate (CP) dalam jaringan otot. Semakin banyak CP dalam otot, maka ukuran sel otot semakin meningkat.

Creatine Monohydrate seperti produk dari Ultimate Nutrition membantu membentuk massa otot bebas lemak. Karena meningkatkan kekuatan otot saat latihan, suplemen ini tentunya dapat membuat latihan Anda lebih lama dan berpotensi membangun massa otot lebih banyak.

CP secara langsung terlibat dalam sistem metabolisme energi anaerobik untuk menghasilkan molekul energi ATP (adenosine tri-phospate) yang tepat. Penggunaan CP sebagai sumber energi secara otomatis akan menjaga tingkat keasaman otot dengan mengurangi pembentukan ion hidrogen.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi creatine?

Dalam studi yang dipublikasikan The Journal of The International Society of Nutrition menyimpulkan bahwa creatine lebih efektif dikonsumsi sebelum dan setelah latihan. Kami menyarankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya mengonsumsi Creatine Monohydrate sebelum dan setelah latihan, yakni 5 gr sebelum latihan dan 5 gr setelah latihan.

2. Branch Chained Amino Acid (BCAA)

BCAA mengandung asam amino leucine, isoleucine, dan valine. Tubuh tidak dapat memproduksi BCAA sendiri sehingga harus mendapatkan pasokan melalui diet dan suplemen. Suplementasi BCAA bertugas membantu atlet meningkatkan kekuatan otot. BCAA telah menjadi populer di kalangan fitnes mania karena dapat memproduksi energi selama latihan. Selain itu, hasil penelitian yang diterbitkan oleh Shimomura pada tahun 2010 menemukan bahwa mengonsumsi BCAA sebelum latihan dapat menurunkan nyeri otot pasca latihan atau Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

BCAA sangat dianjurkan karena mampu meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, membangun otot tanpa lemak, dan mempercepat proses pemulihan otot. Salah satunya seperti BCAA produk dari Ultimate Nutrition diformulasikan dari bahan terbaik dengan standar USP (United States Pharmacopeia).

Kapan waktu yang tepat mengonsumsi BCAA?

BCAA sangat dianjurkan pada saat diet ketat untuk menjaga otot agar tetap mengembang. Kami menyarankan mengonsumsi 2-3 kapsul setiap sebelum dan sesudah latihan. Juga, 2-3 kapsul 2 jam sebelum makan.

3. Glutamine

Glutamine adalah asam amino yang paling dominan membentuk lebih dari 61 persen otot rangka. Glutamin telah terbukti dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, yang mana sangat penting bagi seorang atlet untuk berlatih pada intensitas yang tinggi.

Glutamine dapat meningkatkan daya pulih dan meringankan nyeri otot saat berlatih serta membantu mengurangi penyusutan otot. Tak hanya itu, glutamine juga dapat membantu meningkatkan hormon pertumbuhan dan memperbaiki dinding usus.

Kapan waktu yang tepat mengonsumsi Glutamine?

Seperti yang disarankan dari laman muscleandfitness.com, sebaiknya mengonsumsi 10-15 gram per hari yang dibagi dalam tiga dosis. Yakni setelah bangun tidur, pasca latihan, dan sebelum tidur.

#Program latihan untuk membentuk otot

Mengonsumsi suplemen tanpa melakukan latihan juga bukanlah hal yang tepat. Latihan adalah hal utama untuk memaksimalkan pembentukan otot. Sementara tugas suplemen adalah hanya untuk mendukung program latihan yang telah dirancang untuk meningkatkan kekuatan otot.

Ada beragam latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dan membentuk otot. Salah satunya adalah dengan latihan compound. Latihan ini adalah latihan yang menggerakkan tubuh melalui lebih dari satu gerakan sendi dan melatih lebih dari satu grup otot.

Latihan compound memungkinkan seseorang untuk mengangkat beban lebih berat dan melatih kelompok otot lebih banyak. Selain itu, latihan ini juga baik dalam mengirim pesan pada sistem endokrin tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak hormon anabolik seperti testoteron dan hormon pertumbuhan untuk memaksimalkan perkembangan otot.

Berikut beberapa latihan compund yang dapat Anda coba.

1. Alternate Renegade Row (untuk otot punggung)

suplemen pembentukan otot

Tahapan Pelaksanaan
– Genggam dua buah kettlebell pada masing-masing tangan
– Kedua kaki lurus ke belakang (posisi push up)
– Angkat tangan kanan dan kiri secara bergantian

2. Arround the World (untuk otot dada)

suplemen pembentukan otot

Tahap pelaksanaan
– Berbaring pada sebuah bench
– Genggam dumbbel di kedua tangan
– Telapak tangan menghadap ke atas
– Angkat kedua tangan dengan gerakan setengah lingkaran ke atas kepala
– Kembali ke posisi semula
– Ulangi

3. Kettlebell Sumo High Pull (untuk otot deltoid)

suplemen pembentukan otot

Tahap pelaksanaan
– Genggam kettlebell dengan kedua tangan
– Lakukan gerakan squat
– Saat berdiri angkat kettlebell ke arah dada
– Ulangi

4. Bench Dip (untuk otot triceps)

suplemen pembentukan otot

Tahap pelaksanaan
– Tempatkan kedua tangan lurus menahan beban tubuh pada bench
– Kedua kaki lurus ke depan
– Tekuk siku Anda hingga pantat hampir menyentuh lantai
– Tahan beberapa saat
– Kembali ke posisi awal
– Ulangi

5. Drag Curl (untuk otot bicep)

suplemen pembentukan otot

Tahap pelaksanaan
– Berdiri tegap
– Genggam barbell dengan telapak tangan menghadap ke atas
– Angkat barbell ke arah dada
– Tarik siku ke belakang
– Kembali ke posisi semula
– Ulangi

Kombinasi latihan yang keras, diet yang disiplin, asupan suplemen yang tepat, dan istirahat yang cukup akan memberikan hasil yang maksimal untuk pembentukan otot.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Cara Jitu Turunkan Berat Badan Cepat dengan Berlari

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes