nyeri pada persendian

3 Suplemen untuk Menghindari Nyeri Pada Persendian

Nyeri pada persendian sepertinya sudah cukup umum dialami oleh beberapa pecinta fitnes.

Terlebih bagi mereka yang sering berlatih dengan intens, rasa nyeri tersebut hampir pasti dialami. Bagaimana dengan Anda?

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab umum gangguan pada sendi. Seperti beban yang terlalu berat, gerakan yang salah, kurangnya pemanasan, hingga kurang kuatnya persendian.

Dan bila nyeri pada sendi terjadi, tentu ini akan menghambat Anda untuk terus berlatih dengan aktif. Kalau dibiarkan terus-menerus, maka hal itu bisa menyebabkan semakin jauh dari goal fitness yang Anda idamkan.

Bahkan mungkin bisa berujung cedera pada lutut.

Tapi bagaimana cara mengatasi nyeri pada persendian? Salah satunya adalah dengan konsumsi suplemen.

Suplemen yang Dapat Membantu Mengatasi Nyeri Pada Persendian

nyeri pada persendian

Memang, suplemen fitnes yang beredar dipasaran saat ini jumlahnya cukup banyak dan sudah menjamur. Tentu, masing-masing suplemen memiliki manfaat yang berbeda.

Karena itu, sangat perlu bagi Anda untuk memiliki pengetahuan terlebih dulu sebelum memilih suplemen yang benar-benar Anda butuhkan, terutama untuk mengatasi gangguan pada sendi.

Berikut ini adalah beberapa jenis suplemen yang bisa bantu Anda untuk mengurangi risiko nyeri pada persendian.

1. Glucosamine

Glucosamine adalah senyawa alami yang terdiri dari glukosa dan asam amino, yang mana senyawa ini dapat diproduksi sendiri oleh tubuh Anda.

Senyawa ini berperan cukup penting dalam proses pembentukan tulang rawan serta persendian di dalam tubuh Anda.

Glucosamine membantu produksi glukosaminogen dan proteoglycan untuk memproduksi cairan synovial. Cairan inilah yang dipakai sebagai pelumas pada tulang rawan agar bisa berfungsi dengan optimal.

Meski mampu diproduksi sendiri oleh tubuh, namun kenyataannya produksi glucosamine dapat terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. Sementara usia bertambah aktivitas-pun juga semakin tinggi.

Jika terjadi kekurangan glucosamine, bukan tidak mungkin akan memunculkan gangguan pada sendi Anda. Mulai dari rasa nyeri hingga osteoarthritis (radang sendi).

Tidak ingin ini terjadi pada Anda bukan?

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang sehat, direkomendasikan untuk Anda agar mengonsumsi suplemen yang bisa membantu meningkatkan kekuatan dan kesehatan sendi. Salah satunya adalah suplementasi glucosamine.

Anda tidak perlu khawatir, karena ada suplemen seperti Glucosamine, Chondroitine & MSM dari Ultimate Nutrition yang bisa menjawab keluh kesah Anda mengenai kesehatan sendi.

Senyawa yang terkandung pada suplemen ini sangat membantu menambah elastisitas persendian, hingga membantu pembentukan asam amino pada tubuh Anda.

Pada gilirannya nanti, suplementasi GCM secara rutin dapat membantu menghindarkan nyeri pada persendian Anda seiring dengan bertambahnya usia, maupun semakin padatnya aktivitas latihan Anda.

2. ZMA

nyeri pada persendian

Sudah pernah mendengar suplemen ini sebelumnya?

Jika belum, maka artikel ini memang sangat tepat untuk Anda baca sampai habis.

ZMA merupakan sub kombinasi dari zinc dan magnesium, produk dari vitamin dan mineral alami yang berfungsi membantu meningkatkan kadar hormon testosterone serta kekuatan otot.

Zinc adalah mineral esensial yang dapat mempercepat proses penyembuhan pada luka dan meningkatkan sistem kekabalan tubuh.

Sementara magnesium berfungsi sebagai memperlancar proses pencernaan protein dan menjaga kesehatan otot. Manfaat lain dari magnesium adalah membantu relaksasi otot serta mendistribusikan energi.

Apabila Anda rutin melakukan latihan dengan intensitas tinggi, kemungkinan besar tubuh Anda akan kekurangan dua mineral tersebut (zinc dan magnesium). Maka dari itu, konsumsilah makanan yang juga mengandung zinc dan magnesium.

Sekali lagi, bila asupan makanan yang mengandung mineral tersebut kurang, Anda bisa menambahkannya melalui suplementasi. Seperti ZMA ini.

Tentu saja, kombinasi zinc dan magnesium ini akan membantu menjaga kesehatan persendian dengan meningkatkan kekuatan otot.

Selain itu, ZMA juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas, selanjutnya akan membuat tubuh Anda cepat pulih pasca latihan.

3. BCAA

nyeri pada persendian

Ini adalah salah satu suplemen asam amino yang sudah cukup populer di telinga fitnes mania. Termasuk Anda pastinya.

BCAA adalah kependekan dari Branched Chain Amino Acid, merupakan asam amino mempunyai cabang yang terbagi menjadi tiga asam amino tunggal.Yaitu L-Leucine, L-Isoleucine, L-Valine. Pada beberapa riset mengatakan, suplemen ini memiliki efek positif pada hormon para atlet.

Itulah mengapa BCAA berperan sangat penting.

Untuk diketahui, 35% dari otot kita dibentuk oleh BCAA yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan otot dan menyeimbangkan pelepasan hormon serta fungsi otak.

Ketika latihan, tubuh akan menghabiskan glikogen dan mengirim sinyal untuk menghentikan proses sintesis protein. Akibatnya adalah kondisi tubuh menjadi katabolik atau memecah otot.

Tugas BCAA adalah mengubah kondisi katabolik menjadi anabolik. Yaitu membantu memperlancar proses sintesis protein untuk merangsang pertumbuhan otot lebih cepat, dan meningkatkan daya pulih tubuh.

Karena termasuk asam amino esensial, maka BCAA tidak diproduksi oleh tubuh. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung asam amino ini.

Akan tetapi, ketika berlatih dengan intens, maka kebutuhan BCAA juga akan bertambah, begitu pula dengan makanan yang akan Anda konsumsi.

Bila masih kurang mencukupi, maka suplementasi BCAA sangat direkomendasikan untuk Anda.

Dengan meningkatnya kekuatan otot, maka secara perlahan persendian Anda juga akan semakin kuat. Sehingga dapat membantu meningkatkan kekuatan sendi Anda.

Secara umum, suplemen sendiri merupakan nutrisi tambahan yang tidak atau kurang Anda dapat dari makanan sehari-hari. Pasti, jauh akan lebih baik kebutuhan nutrisi didapatkan dari real food.

Namun, tantangannya adalah apakah nutrisi dalam makanan tersebut sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan sendi?

Bila memang tidak mencukupi, maka suplementasi di atas sangat disarankan agar Anda terhindari dari masalah nyeri pada persendian. Sehingga Anda tetap dapat beraktivitas dengan bebas. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes