5 Cara Dapatkan Suplemen Fitnes Terbaik

Bagaimana cara mengetahui suplemen fitnes terbaik untuk program Anda? Berikut ini adalah 5 cara yang sempurna untuk wujudkan goal fitness Anda.

Apakah Anda sudah akrab dengan beberapa nama seperti whey protein, creatine, amino, BCAA, atau kafein?

Ya, beberapa nama di atas merupakan jenis-jenis suplemen yang cukup populer pada pecinta dunia fitnes.

Suplementasi berperan besar pada goal fitness Anda, apapun goal tersebut. Baik itu menambah massa otot, membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot, atau menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Suplemen sendiri adalah nutrisi tambahan yang kurang atau tidak Anda dapat melalui makanan sehari-hari.

Artinya, nutrisi terbaik adalah tetap berasal dari real food.

Sementara suplemen adalah nutrisi tambahan untuk memenuhi asupan nutrisi harian Anda. Karena itulah suplemen fitnes terbaik pun belum dapat menggantikan makanan.

Pastinya suplementasi yang pas akan sangat membantu Anda untuk mempercepat goal fitness yang diinginkan.

Namun sebelum Anda melangkah lebih jauh tentang suplementasi ini, ada beberapa hal yang WAJIB untuk diketahui. Sebab, rata-rata suplemen yang ada di Indonesia harganya masih cukup tinggi.

Jika Anda tidak melakukannya dengan sempurna, maka bisa jadi suplementasi yang Anda lakukan tidak bermanfaat optimal bagi program Anda. Artinya, kegiatan ini menjadi sia-sia dan tidak mendukung hasil kerja keras selama latihan maupun diet (mengatur pola makan).

Tidak ingin ini terjadi pada Anda bukan?

Jika tidak, maka baca lima cara di bawah ini agar Anda mendapatkan manfaat sempurna dari suplemen fitnes terbaik pilihan Anda.

1. Ketahui Dulu Bahan Suplemen Fitnes dan Fungsinya

suplemen fitnes terbaik

Ketika berbicara mengenai suplemen apa yang tepat untuk program Anda, maka fokus pertama yang sering dilakukan adalah mencari kandungan dalam suplemen itu sendiri.

Dan dua hal penting yang sering menjadi pertanyaan dalam suplementasi adalah apakah bahan-bahan tersebut memang efektif untuk program Anda? Selain itu, apakah suplemen tersebut aman digunakan?

Dua pertanyaan tersebut memang sering menjadi pokok bahasan dalam beberapa grup, termasuk di Grup DuniaFitnes Community.

Kandunga atau bahan-bahan yang terbentuk dalam suplemen memang harus sudah teruji secara klinis. Selain itu, juga telah memberikan hasil yang positif ketika sudah menggunakannya.

Baik apakah kandungan tersebut terbukti membantu menambah massa otot, meningkatkan kekuatan otot, atau membantu memangkas lemak. Pastikan bahwa semua bahan-bahan tersebut memang telah terbukti hasilnya.

Perhatian kedua adalah mengenai keamanan produk suplemen. Sebelum konsumsi suplemen, perhatikan juga indikasi serta peringatan yang ada dalam setiap kemasan. Pada umumnya, setiap kemasan suplemen mencantumkan apakah produk tersebut aman digunakan untuk semua orang atau memang ada pengecualian.

Umumnya, produsen suplemen juga menyertakan hasil penelitian mengenai keamanan serta efek samping pada penggunaan suplemen tersebut.

2. Pelajari Bentuk dan Jenis Suplemen Fitnes

suplemen fitnes terbaik

Ketika sudah mengetahui apakah suplemen tersebut efektif serta aman digunakan, perhatian selanjutnya adalah bentuk suplemen. Mengapa demikian? Karena menurut hasil penelitian seperti yang diungkapkan banyak praktisi fitnes, masing-masing tubuh akan bereaksi yang berbeda dalam setiap suplemen.

Katakanlah suplemen creatine. Kebanyakan dari Anda mungkin lebih akrab mendengar suplemen creatine monohydrate. Betul?

Tapi tahukah Anda bahwa ada creatine lain yang juga cukup efektif digunakan? Yaitu creatine hydrochloride (HCI). Molekul pada dua creatine tersebut memang sama. Akan tetapi, bentuk dari HCI dapat membantu penyerapan dan pemanfaatan molekul creatin dalam tubuh.

Goal dari pemenuhan suplementasi creatine adalah membuat creatine masuk ke dalam otot sehingga dapat diketahui bentuk molekul mana yang memungkinkan tubuh untuk masuk dan memanfaatkan creatine sebanyak mungkin. Pertimbangan seperti ini cukuplah penting, namun tidak sedikit yang masih mengabaikannya.

3. Jumlah Pemakaian (Dosis) Suplemen Fitnes untuk Pemula

suplemen fitnes terbaik

Sudah mengetahui suplemen fitnes terbaik dan yang tepat untuk Anda, sekarang adalah bagaimana mengetahui cara penggunaan atau lebih tepatnya adalah dosis pemakaian.

Banyak dari Anda sudah tahu bahwa dibutuhkan sejumlah asupan suplemen agar goal ataupun performa jadi lebih maksimal. Karena itulah dosis dan aturan penggunaan sangatlah penting untuk diketahui.

Contoh sekali lagi adalah penggunaan creatine. Ada aturan tersendiri dalam dosis dan penggunaan suplemen ini agar pertumbuhan otot menjadi lebih efektif. Apabila Anda mengabaikannya dan ‘asal pakai’, suplementasi creatine yang Anda lakukan sia-sia dan Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari creatine.

Sederhananya begini, penggunaan yang terlalu sedikit atau terlalu banyak, maka hasil yang didapat tidak akan maksimal. Mengikuti anjuran dosis pemakaian adalah syarat wajib jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang luar biasa dari creatine.

4. Kombinasi dengan Suplemen Fitnes Lainnya

suplemen fitnes terbaik

Begitu Anda mendapatkan informasi penting mengenai bahan, bentuk, dan dosis dari setiap suplemen yang Anda butuhkan, sekarang saatnya untuk mengombinasikan suplemen fitnes terbaik tersebut dengan suplemen lain.

Sangat banyak sekali praktisi fitnes menggunakan suplemen lebih dari satu jenis. Misalnya kombinasi whey protein dan pembakar lemak, atau creatine dengan whey protein. Ini dilakukan karena mereka memang menargetkan manfaat yang berbeda dari masing-masing suplemen.

Sebagai contoh penggunaan Ultra Ripped Fast Acting Formula (UR FAF) bertujuan untuk memangkas lemak berlebih dalam tubuh. Suplemen ini kemudian dikombinasikan dengan Prostar 100% Whey Protein yang mana bertujuan untuk maintenance massa otot dan percepat pemulihan.

Kombinasi keduanya sangatlah tepat jika Anda ingin membentuk massa otot bebas lemak. Whey protein prostar untuk membantu meningkatkan massa otot agar pembakaran lemak semakin tinggi. Sementara UR FAF membantu menambah energi selama latihan sehingga proses pembakaran lemak jadi lebih maksimal.

Gabungan suplemen seperti contoh di atas memang sangatlah penting dilakukan agar Anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari masing-masing suplemen.

Tapi yang perlu diketahui sebelum menggabungkannya adalah apakah kombinasi suplemen yang Anda inginkan benar-benar efektif? Beberapa bahan mungkin efektif untuk goal Anda, sementara bahan dari suplemen lain justru dapat merusaknya.

Inilah yang perlu digaris bawahi. Anda harus mengetahui interaksi kedua suplemen yang ingin Anda kombinasikan.

5. Timing

suplemen fitnes terbaik

Ok, sekarang Anda sudah memiliki semua pengetahuan tentang suplemen yang Anda butuhkan. Tapi masih ada yang kurang selain penjabaran empat poin di atas. Yaitu timing atau waktu konsumsi suplemen.

Selain mengetahui detail jenis dan bahan suplemen fitnes terbaik, maka yang tak kalah penting juga adalah waktu konsumsi suplemen itu sendiri. Waktu yang sempurna juga akan bermanfaat maksimal dalam program Anda.

Yang sering menjadi perhatian adalah suplementasi sebelum dan setelah latihan. Mengonsumsi jenis suplemen tertentu dan dalam dosis yang dianjurkan, pada saat sebelum, selama, dan setelah latihan lebih banyak direkomendasikan. Tentu saja ini jauh lebih baik jika Anda mengonsumsi suplemen-suplemen tersebut pada saat siang atau pagi hari.

Sementara itu, beberapa suplemen lain sangat efektif bila dikonsumsi pada saat pagi hari atau menjelang tidur malam.

Intinya dari artikel ini adalah suplemen fitnes terbaik akan efektif bila Anda mempertimbangkan lima poin di atas. Bahan yang tepat, bentuk yang ideal dan dosis yang tepat, serta kombinasi sempurna dan timing yang pas maka Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari suplemen tersebut. Let’s workout!

loading…


Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes