5 Vitamin Penting untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot Anda

Ketika Anda setelah selesai latihan, maka pertumbuhan dan pemulihan otot akan mulai terjadi pada sel.

Nah, ketika sintesis sel dan perbaikan jaringan ini, tubuh Anda juga dipengaruhi oleh vitamin dan mineral penting bagi tubuh.

Vitamin biasanya dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar Anda tidak mudah terserang penyakit.

Tidak hanya itu saja, vitamin juga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan pemulihan otot tubuh Anda. Vitamin apa sajakah itu?

1. Vitamin A

suplemen vitamin

Salah satu vitamin yang sering dilewatkan mungkin adalah vitamin A. Meskipun manfaat kesehatannya cukup banyak, vitamin ini lebih sering dikenal sebagai vitamin untuk kesehatan mata.

Bagi atlet binaragawan, vitamin A ini berguna untuk mendukung sintesis protein yang penting untuk pertumbuhan otot.

Jika peran vitamin A dalam pertumbuhan dan pemulihan otot tidak mencukupi, maka vitamin ini juga akan memiliki efek pada testosteron, hormon yang paling kuat untuk pembentukan otot tubuh.

>> Suplemen Multivitamin yang Penting Bagi Wanita <<

2. Vitamin D

obesitas

Vitamin D memang berperan penting dalam pembentukan dan pemulihan otot. Vitamin ini cukup unik karena tubuh membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung untuk merangsang produksi vitamin D.

Vitamin D dapat meningkatkan produksi hormon testosteron. Beberapa studi menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat meningkatkan tenaga pada orang dewasa.

Vitamin ini juga berperan penting dalam sintesis protein, yang sebagian besar merupakan dampak dari produksi testosteron.

Selain dampaknya pada testosteron dan pertumbuhan otot, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Bersama dengan kalsium dan magnesium yang merupakan mineral penting, vitamin D mampu menjaga perkembangan tulang Anda.

Baca Juga: Ini Sebabnya Anda Perlu Minum Multivitamin Setiap Hari

3. Vitamin C

manfaat-omega-3-dan-vitamin-e

Pastinya Anda sudah mengenal baik atau sering mendengar vitamin ini.

Ya, vitamin C adalah vitamin yang paling populer. Mungkin Anda sering mendengar rekomendasi bahwa sebaiknya Anda meningkatkan asupan vitamin C Anda agar daya tahan tubuh Anda terjaga.

Lalu bagaimana perannya untuk pertumbuhan otot dan pemulihan tubuh Anda?

Pertama-tama, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bekerja untuk melindungi sel-sel otot Anda dari radikal bebas yang merusak.

Selain itu, Vitamin C seperti dari Ultimate Nutrition juga membantu dalam pembentukan hormon testosteron dan hormon anabolik lainnya.

Vitamin C juga membantu dalam pembentukan kolagen, yang merupakan pembentuk utama dari jaringan ikat. Ini berarti vitamin C juga menjadi komponen penting dalam menjaga tulang dan otot Anda bebas dari cedera.

Penelitian dari University of North Carolina menemukan bahwa suplementasi vitamin C sebelum dan setelah latihan dapat membantu mengurangi nyeri otot atau yang biasa disebut delayed onset muscle soreness (DOMS) dan mencegah oksidasi glutathione.

4. Vitamin E

suplemen fitness

Vitamin E ini dikenal sebagai vitamin untuk membantu mengatasi masalah kulit, tapi tidak sedikit yang kurang tahu manfaatnya selain mengatasi masalah kulit.

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang sangat kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh Anda. Latihan yang intensif akan menghasilkan radikal bebas dalam tubuh.

Ketika radikal bebas sudah menumpuk, maka racun dalam tubuh Anda juga akan semakin banyak. Jika demikian, maka akan dapat mengganggu performa latihan, pertumbuhan otot, pemulihan, serta sistem kekebalan tubuh.

Selain mampu menangkal radikal bebas, vitamin E juga dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan aterosklerosis karotid, yaitu penyempitan arteri karotis akibat stres oksidatif.

So, dengan suplementasi Vitamin E dapat mendukung pertumbuhan dan mempercepat pemulihan otot Anda dengan melancarkan aliran darah sehingga otot Anda akan tetap ternutrisi dengan baik.

5. Vitamin B (B6, B12, dan Folat)

VitB6

Vitamin B6, B12, dan folat dapat dikatakan vitamin B yang paling penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot. Vitamin B6 dan B12 berperan langsung dalam metabolisme protein.

Semakin tinggi konsumsi protein, vitamin B6 akan membantu metabolisme Anda.

Fakta lain adalah vitamin B6 dibutuhkan untuk mendukung penyerapan vitamin B12. Kedua vitamin ini sangat penting dalam produksi sel darah merah dan sel sistem kekebalan tubuh. Keduanya juga berperan dalam pertumbuhan serta pemulihan otot.

Sementara asam folat (B9), dikombinasikan dengan B6 dan B12 dapat mengurangi kadar homosistein dan meningkatkan produksi oksida nitrat dan fungsi endotel. Yang hasil akhirnya adalah dapat melancarkan aliran darah serta pendistribusian nutrisi ke otot.

Sudah siap menambahkan suplemen vitamin untuk otot tubuh Anda?

Baca Juga: Suplemen Ampuh untuk Menjaga Kualitas Istirahat Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes