7 Suplemen Ampuh untuk Membuat Tubuh Anda Padat Berotot

Untuk membuat tubuh berotot, maka dua hal utama yang harus dilakukan adalah latihan beban dan mengatur pola makan. Bagaimana dengan suplementasi?

Latihan beban dan mengatur pola makan merupakan dua langkah fundamental untuk menambah massa otot. Latihan beban adalah cara yang paling populer bagi Anda jika ingin menambah massa otot.

Tapi apabila tidak diimbangi dengan nutrisi yang tercukupi, maka usaha Anda juga akan kurang optimal hasilnya. Nah, nutrisi terbaik bisa Anda dapatkan melalui makanan sehari-hari.

1. Whey Protein, Penting untuk Otot Anda

OtotPenting

Protein sangat dibutuhkan untuk membangun otot. Protein diibaratkan sebagai bata untuk membuat rumah. Whey protein sendiri berbeda dari sumber protein pada umumnya.

Dalam beberapa studi ilmiah menunjukkan bahwa whey protein adalah protein yang cepat diserap tubuh dan terbaik untuk membantu daya pulih dan pertumbuhan otot. [Baca Juga: Whey Protein, Sumber Protein Penting untuk Tubuh Ideal]

Selain memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang rendah, whey protein mengandung kadar asam amino yang tinggi, terutama BCAA (Branched Chain Amino Acid) yang berperan penting dalam pertumbuhan otot. Ini pula yang menjadi manfaat dari suplemen whey protein seperti Prostar 100% Whey Protein dari Ultimate Nutrition.

Dari hasil studi menyebutkan bahwa fitnes mania yang mengonsumsi whey protein sebelum atau setelah latihan, pertumbuhan otot mereka lebih cepat ketimbang yang tidak mengonsumsi.

So, jika Anda berniat untuk melakukan latihan di gym, jangan lupakan nutrisi penting ini.

2. BCAA, Maksimalkan Pertumbuhan Otot

Otottumbuh

Protein terbentuk dari serangkaian asam amino. michael kors ava kors ankle boots Branched Chain Amino Acid atau yang disingkat BCAA merupakan 20 persen penyusun protein otot. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa BCAA sangat penting untuk pertumbuhan otot.

BCAA terdiri dari leucine, isoleucine, dan valine. Ketiganya bertugas untuk mengaktifkan sintesis protein otot, yang merupakan sebuah proses dimana tubuh membentuk protein baru dan serat otot melakukan perbaikan.

Tanpa pasokan BCAA terbaik yang kurang memadai, tubuh tidak akan dapat sepenuhnya memperbaiki serat otot yang rusak akibat latihan. Pastinya ini akan mengganggu pertumbuhan otot Anda.

Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi BCAA sebelum dan setelah latihan dapat menunda kelelahan dan mempercepat proses pemulihan.

3. Ledakan Energi dengan Creatine

OtotEnergy

Creatine dapat diperoleh melalui makanan seperti daging, atau ikan. Creatine juga diproduksi secara alami oleh tubuh. Creatine akan disimpan dalam otot rangka yang nantinya digunakan untuk menghasilkan ATP sebagai sumber energi tubuh.

Creatine Monohydrate dari Ultimate Nutrition memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah untuk meledakkan energi Anda.

Suplementasi creatine sebaiknya dilakukan oleh fitnes mania. Dengan energi tubuh yang memadai, maka latihan pun akan maksimal yang pada gilirannya akan dapat membuat pertumbuhan otot lebih cepat.

4. ZMA Membuat Tidur Lebih Baik

Otottidur

ZMA adalah kombinasi dari zinc (seng), magnesium, dan vitamin B6. Seng dan magnesium dikenal memiliki peran penting dalam produksi hormon.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ZMA dapat mempengaruhi produksi hormon-hormon penting untuk pertumbuhan otot seperti testosteron dan IGF-1. Simak juga artikel menarik lain tentang ZMA dari Ultimate Nutrition membuat pikiran Anda lebih tenang sehingga membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik.

5. Tribulus, Pendongkrak Hormon Alami Tubuh

OtotHormone

Tribulus terrestris dinilai sebagai suplemen nomor wahid untuk meningkatkan kadar hormon alami tubuh. Terrestris tumbuh di beberapa daerah tropis, subtropis di Eropa, dan Asia. Dalam pengobatan tradisional Cina dan India, terrestris juga dikenal memiliki khasiat tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini dapat membantu mengatur kadar hormon, yang secara langsung akan berdampak pada massa otot dan performa latihan Anda.

Pastikan Anda mengonsumsi suplemen tribulus terrestris yang mengandung setidaknya 40% saponin seperti Tribulus Terrestris dari Ultimate Nutrition. Karena semakin besar kandungan saponin, maka semakin besar manfaat yang akan Anda dapatkan.

6. Citrulline Malat, Menjamin Performa Terbaik Anda

OtotPumping

Mungkin ini adalah salah satu suplemen yang paling dianggap remeh. Meski tidak sepopuler creatine atau BCAA, hasil uji klinis menunjukkan bahwa citrulline dapat membuat tubuh Anda tetap berenergi ketika latihan intensif.

Citrulline malat adalah kombinasi dari asam amino non esensial dan senyawa yang ditemukan dalam apel. Meski begitu, michael kors access apple watch suplemen ini dapat berdampak besar pada performa latihan Anda dan bahkan membantu pembentukan otot tubuh Anda.

Citrulline merupakan prekursor nitric oxide (NO) untuk membantu vasodilasi (pelebaran diameter pembuluh darah) sehingga kebutuhan oksigen tetap lancar. Jika distribusi oksigen meningkat berarti otot tubuh Anda juga akan dapat latihan lebih lama.

Baca Juga: Otot Makin nge-Pump dengan Suplementasi Nitric Oxide

Suplementasi citrulline malat dapat membantu meningkatkan penyerapan oksigen otot, sintesis ATP, dan dapat mengurangi rasa lelah.

7. Gainer untuk Mereka yang Hardgainer

Otothargain

Gainer merupakan suplemen yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang termasuk hardgainers. Bagi Anda yang termasuk hardgainer, Anda akan cukup kesulitan menambah berat badan karena memiliki metabolisme tubuh yang cepat.

Jika demikian, maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan kalori cadangan sebagai massa otot Anda.
Gainers dirancang untuk membantu Anda mencapai kalori yang dibutuhkan untuk menambah massa otot dan berat badan. Tentunya, suplemen ini biasanya mengandung protein tinggi, asam amino esensial, karbohidrat sederhana dan kompleks, vitamin, dan mineral seperti Muscle Juice Revolution dari Ultimate Nutrition yang mengandung protein dan kalori tinggi sehingga membantu menambah berat badan sekaligus massa otot secara signifikan.

Meski suplemen sangat mendukung program Anda, ini bukan berarti Anda harus mengganti real food dengan suplemen. Apabila memang nutrisi dari makanan sehari-hari Anda kurang mencukupi, maka suplementasi memang Anda butuhkan.

Dengan bantuan suplemen akan membantu mempercepat program pembentukan otot. Pastikan suplemen terbaik sesuai dengan tujuan fitnes Anda. Selamat berlatih. (ctr)

BACA JUGA: 7 Suplemen Terbaik Bagi Anda Pecinta Latihan CrossFit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes