Suplemen CLA

Apakah Suplemen CLA Benar Bisa Turunkan Berat Badan?

CLA adalah conjugated linoleic acid. Suplemen ini adalah asam lemak trans alami yang terbuat dari omega 6 dalam lemak esensial. Karena asam lemak ini bukanlah buatan manusia, Anda harus melihat perbedaan yang signifikan dari lemak trans klasik yang hampir semuanya buruk bagi kesehatan Anda.

Headline

CLA ini banyak ditemukan secara alami dalam daging sapi dan susu, dan telah terbukti dapat menyebabkan hilangnya lemak dalam banyak studi.

Asam linoleat adalah asam lemak Omega-6 yang paling umum, ditemukan dalam minyak sayur dalam jumlah besar, tetapi juga dalam jumlah yang lebih kecil di berbagai makanan lain.

Kata konjugasi berkaitan dengan susunan ikatan ganda dalam molekul asam lemak. Sebenarnya ada 28 bentuk yang berbeda dari CLA, tapi dua dari yang paling penting adalah “c9, T11” dan “t10, c12”.

Pada gambar di bawah ini, Anda melihat asam linoleat reguler di atas, dan dua bentuk asam linoleat terkonjugasi yang paling penting di bawah ini:

gambar 1

Perbedaan bentuk CLA adalah ikatan ganda (dilihat sebagai garis ganda pada gambar) yang diatur secara berbeda, tetapi penting untuk diingat bahwa sesuatu yang sangat kecil ini dapat membuat perbedaan untuk sel-sel kita.

Jadi, pada dasarnya, CLA adalah lemak trans, tetapi itu adalah jenis alami lemak trans yang ditemukan dalam banyak makanan sehat. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa lemak trans industrial sangat berbahaya, meskipun lemak trans ditemukan secara alami dalam makanan hewani.

Sumber CLA bisa Anda dapatkan dari makanan hewani seperti sapi, kambing, dan domba. Namun, jumlah CLA dalam makanan tersebut bervariasi tergantung dari hewan apa yang Anda makan. Misalnya, kandungan CLA sekitar 300-500% lebih tinggi di daging sapi dan susu sapi yang diberi makan rumput daripada yang diberi makan palawija.

Suplemen CLA ini diklaim dapat melawan kanker, membakar lemak tubuh, meningkatkan jaringan otot, mengurangi gejala asma, melawan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagaimana Cara Kerja CLA?

Aktivitas biologis pertama kali ditemukan pada tahun 1987 oleh tim peneliti yang menunjukkan bahwa CLA bisa melawan kanker pada tikus. Kemudian, peneliti lain menemukan bahwa CLA juga bisa membakar lemak dalam tubuh.

Kebanyakan orang saat ini tertarik dengan manfaat potensial CLA untuk menurunkan berat badan. CLA memiliki mekanisme anti obesitas yang berbeda, termasuk dalam mengurangi asupan kalori, meningkatkan pembakaran lemak, merangsang pemecahan lemak, dan menghambat produksi lemak berlebih.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa CLA dapat membakar lemak secara signifikan pada manusia. Penelitian tersebut juga secara bersamaan menemukan bahwa untuk meningkatkan komposisi tubuh,selain membakar lemak manusia juga perlu untuk meningkatkan massa otot.

Namun, di beberapa penelitian lain juga membuktikan bahwa CLA kadang tidak berpengaruh sama sekali terhadap tubuh seseorang. Dalam sebuah kumpulan data dari 18 uji coba yang dirilis di authoritynutrition.com dari publikasi American Society for Clinical Nutrition menemukan bahwa CLA mampu membakar lemak yang sederhana. Berikut adalah grafik dari kumpulan data tersebut, dan lihatlah bagaimana berat badan menurun secara perlahan dalam beberapa waktu:

gambar 2

Menurut grafik di atas, CLA dapat membakar lemak rata-rata hanya sekitar 0,1 kilogram selama satu minggu. Ada juga review lain dari sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2012 menemukan bahwa CLA menyebabkan turunnya berat badan sekitar 1,3 kg lebih banyak daripada dengan minum pil pelangsing.

CLA Alami Memiliki Manfaat Kesehatan

Di alam, CLA banyak sekali ditemukan dalam daging sapi, domba, dan susu dari hewan tersebut. Ada sebuah studi observasional jangka panjang telah dilakukan, memeriksa apakah orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak CLA memiliki risiko lebih rendah atau lebih tinggi terhadap penyakit.

gmbar 3

Beberapa studi ini telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi CLA dari makanan lebih banyak memiliki risiko yang lebih rendah terhadap berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2 dan kanker.

Hal ini mungkin adanya hubungan antara CLA dengan komponen pelindung lainnya dalam produk hewan yang makan rumput, seperti vitamin K2.
Tentu saja, daging sapi dan produk susu yang diberi makan rumput sehat sangatlah baik untuk dikonsumsi secara teratur.

Dosis dan Keselamatan

Sebagian besar penelitian menggunakan dosis mulai 3,2-6,4 gram per hari. Perlu diingat bahwa risiko efek samping akan meningkat dengan meningkatnya dosis.

Klaim & Hasil Penelitian

1. Mengurangi Lemak Tubuh
Satu penelitian mengamati lebih dari 125 orang selama 2 tahun dan menemukan bahwa mengonsumsi CLA 3,4 gram setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh pada manusia atau kelebihan berat badan dan dapat membantu menjaga penurunan awal lemak tubuh dalam jangka panjang. Sebuah studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Lipid menyimpulkan 4,2 gram CLA per hari dapat mengurangi proporsi lemak tubuh pada manusia tanpa tubuh mempengaruhi berat badan. Studi lain menunjukkan hasil yang sama (penurunan lemak tanpa perubahan berat badan) dengan dosis yang jauh lebih kecil hanya 1,8 mg setiap harinya.

Meskipun ada studi tertentu yang menunjukkan efek menguntungkan, sebagian besar penelitian pada manusia menunjukkan CLA tidak berpengaruh. Pada tahun 2004, Journal of Clinical Nutrition menerbitkan review semua studi manusia sebelumnya. Para penulis mencatat bahwa hanya 2 penelitian yang menunjukkan penurunan lemak tubuh secara signifikan, meskipun relatif kecil.

2. Efek Pada Insulin
Dalam sejumlah studi menunjukkan bahwa CLA dapat meningkatkan resistensi insulin. Namun ada juga penelitian yang dilakukan pada anak muda dan manusia hidup menemukan efek menguntungkan pada sensitivitas insulin.

3. Efek Pada Peradangan
CLA sering disebut-sebut sebagai antioksidan. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan efek sebaliknya. Satu penelitian menunjukkan bahwa CLA dapat meningkatkan peroksidasi lipid dan beberapa penanda inflamasi pada pria.

4. Efek Anti-Kanker
Menurut American College of Nutrition, meskipun bukti-bukti CLA memiliki aktivitas anti-tumor pada hewan, tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan CLA sebagai pengobatan untuk kanker atau penyakit lainnya.

5. Efek Pada Nafsu Makan
Ada beberapa satu studi yang menunjukkan CLA untuk mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang. Namun, ini bukan berarti untuk mengurangi asupan energi atau perubahan berat.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Jika Anda berpikir bahwa Anda bingung, Anda tidak sendirian. Tergantung pada bagaimana Anda menafsirkan penelitian yang sudah disebutkan. Jika Anda memutuskan untuk mencoba CLA, Anda harus memilih CLA yang berkualitas tinggi. (mee)

BACA JUGA: Khawatir Testosteron Rendah? Ukur Dengan Cara Simpel Ini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes