suplemen penambah energi

Asam Amino Terbaik untuk Ledakkan Energi Anda

Bagi Anda fitnes mania pastinya sudah akrab dengan yang namanya asam amino. Ya, tubuh Anda sangat memerlukan asam amino untuk membangun protein. Dan protein sendiri sangat vital perannya bagi pembentukan tubuh Anda.

Asam Amino Esensial dan Asam Amino Non-Esensial

Asam amino adalah komponen utama penyusun protein. Asam amino ini dibagi menjadi dua yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial.

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, maka sering ditambahkan dalam bentuk makanan ataupun suplementasi.

Jenis-jenis asam amino esensial antara lain triptofan, treonin, metionin, leusin, atau lisin.

Kebalikan dari asam amino esensial, asam amino non esensial adalah asam amino yang dapat diproduksi oleh tubuh. Seperti tirosin, arginin, glutamine, alanin, atau serin.

Baca Juga: Suplemen Amino Terbaik untuk Membentuk Otot

3 Asam Amino Terbaik untuk Tingkatkan Energi Anda

Latihan kekuatan otot

Asam amino biasanya identik dengan fungsinya untuk meningkatkan massa otot serta mempercepat daya pulih (recovery) tubuh pasca latihan.

Namun tahukah Anda bahwa konsumsi asam amino sebelum latihan juga mampu menambah tenaga dan stamina Anda?

Nutrisi yang dikenal sebagai sumber energi biasanya adalah karbohidrat. Tidak hanya karbohidrat, selain untuk pertumbuhan otot, asam amino tertentu juga dapat memberikan tambahan energi bagi Anda.

1. Branched Chain Amino Acids (BCAA)

otot tidak seimbang

Ada tiga asam amino yang membentuk BCAA, yaitu leusin, isoleusin, dan valin. Ketiga asam amino ini sangat penting untuk pertumbuhan otot dan energi.

Tidak seperti kebanyakan asam amino lainnya, BCAA digunakan secara langsung oleh otot sebagai bahan bakar selama latihan.

Setelah latihan, banyak otot yang bergantung pada lemak sebagai energi sehingga BCAA dapat digunakan untuk pertumbuhan otot.

Ini berarti, dengan minum suplemen BCAA seperti dari Ultimate Nutrition sebelum latihan akan memberi energi Anda lebih banyak selama latihan, cadangan BCAA, serta meningkatkan pertumbuhan otot bahkan setelah latihan.
Dosis yang direkomendasikan adalah 5-10 gram segera sebelum latihan. Anda juga dapat mengonsumsi BCAA setelah latihan.

2. Glutamine

Otot1

Selain sangat membantu proses recovery Anda, glutamine juga dapat membantu meningkatkan produksi energi tubuh Anda dalah beberapa cara.

Otot Anda akan menggunakan glutamine untuk menghasilkan energi lebih banyak ketika Anda istirahat di tiap setnya. Pastinya, ini akan membantu otot Anda cepat pulih di antara set sehingga membantu meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot tubuh Anda di set berikutnya.

Glutamine juga membantu tubuh Anda menghasilkan bikarbonat, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan cepat lelah saat latihan intens >> Cegah Overtraining dan Tingkatkan Daya Pulih Anda dengan Glutamine <<

Selain itu, asam amino juga membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan sehingga dapat mempercepat proses recovery tubuh Anda.

3. Citrulline Malate

latihan compound

Citrulline terikat dengan asam malat. Dalam tubuh banyak citruline untuk dikonversi menjadi arginin, yang kemudian dapat meningkatkan produksi oksida nitrat.

Keadaan ini akan membantu meningkatkan aliran darah ke otot-otot Anda untuk memberikan nutrisi dan oksigen lebih banyak sebagai penambah energi.

Citrulline juga dapat menghilangkan amonia dalam tubuh. Amonia sendiri adalah senyawa beracun yang dihasilkan ketika asam amino dimetabolisme selama latihan intens.

Dengan meningkatkan penurunan amonia dalam tubuh, maka citrulline dapat membantu menunda kelelahan.
Asam malat membantu tubuh mengubah asam laktat yang dihasilkan selama latihan sehingga lebih efektif menunda kelelahan otot.

Hasil studi juga sudah menunjukkan bahwa suplementasi citrulline dapat membantu menunda kelelahan, meningkatkan produksi adenosine trifosfat selama latihan, serta meningkatkan kadar creatine phosphate (energi yang digunakan saat mengangkat beban).

TINGKATKAN KEKUATAN & DAYA TAHAN OTOT ANDA

  • Meningkatkan Daya Pulih Tubuh Anda
  • Menghentikan Penyusutan Otot
  • Membuat Tubuh dalam Keadaan Anabolik
  • Menambah Massa Otot Bebas Lemak

Dengan konsumsi BCAA akan bantu Anda tingkatkan daya tahan & mempercepat proses recovery sel otot AndaBELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes