latihan superset

Bakar Lemak dan Jaga Massa Otot dengan Suplementasi CLA

Omega 3 telah terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat positif bagi kesehatan. Tidak hanya omega 3, omega 6 pun juga memiliki manfaat yang luar biasa terhadap kesehatan.

Sayangnya, asam lemak omega 6 masih dianggap memiliki dampak tidak baik bagi kesehatan seperti meningkatkan risiko inflamasi (peradangan) hingga berpotensi datangnya berbagai penyakit.

Padahal, banyak sekali manfaat yang baik diberikan CLA untuk tubuh Anda. Lalu apa saja manfaat dari CLA? Apakah suplementasi CLA ini dapat membantu menurunkan berat badan Anda?

Apa itu CLA?

diet

Peneliti dari University of Wisconsin, Dr Michael Pariza pada tahun 1978 menemukan bahwa di daging sapi yang dipanggang ada senyawa yang dapat menyebabkan mutasi genetik (mutagen). Timnya juga menemukan bahwa ada juga zat yang dapat mencegah perkembangan sel mutagen (mutagenesis).

Dr Michael percaya bahwa zat ini mampu menghambat aktivitas dari bentuk patologis yang menghancurkan sel, kanker. Zat ini kemudian ditemukan dalam bentuk lipid (lemak) yang disebut Conugated Linoleic Acid (CLA).

CLA banyak ditemukan dalam daging sapi dan susu, dan minyak sayur. [Baca Juga: Minim Asupan CLA Bikin Berat Badan Bertambah]

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Hingga Sensitivitas Insulin

latihan di gym

Lantas apa saja manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi suplemen CLA?

#Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dalam jurnal European Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa suplementasi CLA dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan demikian, CLA juga dapat membantu mencegah tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit, bahkan hingga mencegah overtraining.

#Berpotensi Sebagai Pencegah Kanker
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, CLA bermanfaat untuk penghambat mutagenesis, misalnya mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Hasil studi pada hewan telah menunjukkan bahwa asupan CLA dapat menurunkan potensi pertumbuhan sel kanker seperti payudara, kulit, dan usus.

#Untuk Mengontrol Kadar Lemak dan Gula Darah
Hasil studi menunjukkan bahwa konsumsi CLA dapat bermanfaat mencegah diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dan konsentrasi insulin.

Dalam studi yang dilakukan selama 8 minggu, orang yang mengonsumsi CLA sensitivitas insulinnya meningkat dibanding mereka yang plasebo. Dengan demikian, CLA dapat membantu meningkatkan toleransi glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Ini berarti bahwa Anda tidak perlu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah Anda. Tentu saja, asupan karbohidrat yang berkurang akan mengurangi pula penumpukan kalori yang bisa menjadi lemak.

>> Kurangi Lemak Berlebih dalam Tubuh Anda dengan CLA <<

CLA dan Pembakaran Lemak

suplemen amino terbaik

CLA disebut-sebut dapat membantu mengurangi lemak tubuh. Mengapa demikian? Ada dua teori yang mendasarinya.

1) Karena dapat mengurangi penyerapan lipid dalam adiposit (sel lemak) dengan menghambat enzim tertentu yang disebut lipoprotein lipase.

2) Mekanisme kedua adalah manfaat dari CLA dalam mengurangi penumpukan triasilgliserol dalam sel lemak. Triasilgliserol ini adalah lipid darah yang memungkinkan transfer lemak dan glukosa dari hati.

Studi lain juga menyebutkan bahwa konsumsi CLA dapat meningkatkan energi yang dikeluarkan sehingga pembakaran lemak juga akan lebih besar.

Baca Juga: Apakah Suplemen CLA Benar Bisa Turunkan Berat Badan?

Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa CLA tidak hanya dapat membantu mengurangi lemak dalam tubuh, tapi juga dapat memangkas timbunan lemak berlebih dalam otot Anda.

Lemak Berkurang, Otot Bertambah dengan CLA

latihan beban

Menariknya, hasil studi menyebutkan bahwa perubahan lemak dalam tubuh tidak mengubah pada berat badan. Meski penurunan kadar lemak hingga 60 persen, itu tidak berdampak jauh pada berat badan.

Selain mengurangi lemak dalam tubuh, sintesis protein otot juga meningkat dengan penggunaan CLA.

Tentunya, penggunaan suplementasi CLA ini akan lebih tepat jika tujuan Anda adalah mengurangi lemak tubuh berlebih serta menjaga massa otot bebas lemak.

Berapa Dosis untuk Suplementasi CLA?

fase bulking

Dosis yang digunakan dalam studi berbeda-beda mulai dari 1,4 gram hingga 6,8 gram per hari. Namun, lebih disarankan untuk mengonsumsi suplemen CLA antara 3,2-3,4 gram per hari.

Dalam 1 softgel CLA biasanya mengandung 1 gram. Jadi Anda dapat mengonsumsi 3 kali sehari untuk dosis CLA yang direkomendasikan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes