Cara Mengatasi Susah Tidur

Cara Mengatasi Susah Tidur Agar Otot Lebih Berkembang

Bagi fitnes mania, kurang tidur akan mengganggu program pembentukan otot yang dilakukan. Lalu bagaimana cara mengatasi susah tidur?

Selain latihan yang rutin, mengatur pola makan yang sehat, serta suplementasi yang tepat, faktor lain yang bisa menentukan program fitnes Anda adalah istirahat yang cukup. Nah, apabila Anda kesulitan mendapatkan tidur yang berkualitas, maka Anda sebaiknya mengetahui bagaimana cara mengatasi susah tidur.

Ada banyak sekali cara mengatasi susah tidur. Bisa dengan menghindari stimulan seperti kopi atau teh mendekati waktu tidur hingga mematikan semua peralatan elektronik dari sekitar Anda. Atau Anda juga dapat menambahkan suplemen melatonin.

Seperti Apa Itu Melatonin?

Cara Mengatasi Susah Tidur

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh tubuh (di dalam otak) secara alami. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal dan berperan penting sebagai anti penuaan, serta membantu mengatasi susah tidur.

Sintesis dan pelepasan melatonin dipengaruhi oleh cahaya. Produksinya akan meningkat dalam cahaya yang kurang ataupun gelap dan menurun oleh adanya cahaya. Akibatnya, kadar melatonin dalam darah akan mencapai nilai tertinggi pada saat sebelum jam tidur. moncler jacket acorus 2 Hal ini berarti bahwa melatonin sangat membantu jam tidur Anda.

Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur Anda, mengatasi gangguan tidur, serta menjaga daya tahan tubuh Anda. Tidak hanya itu, beberapa penelitian sebelumnya juga mengatakan bahwa melatonin dapat meningkatkan mood, mengurangi stress, hingga membantu mengatasi jet lag.

Baca Juga: Sering Susah Tidur? Anda Tidak Akan Dapat Manfaat Ini!

Bagaimana Melatonin Bekerja Dalam Tubuh?

Cara Mengatasi Susah Tidur

Sebenarnya, tubuh Anda telah memiliki jam sendiri untuk mengontrol jam tidur dan juga bangun Anda setiap harinya. Siklus inilah yang menentukan produksi kadar hormon protein. Pada umumnya, produksi hormon akan meningkat pada saat pertengahan hingga larut malam. Baru kemudian akan menurun pada saat menjelang pagi atau dini hari.

Faktor cahaya juga turut mempengaruhi berapa banyak tubuh Anda memproduksi melatonin. Saat musim dingin, nfl jerseys reddit for sale near me biasanya tubuh akan memproduksi melatonin lebih awal atau lambat daripada hari biasanya. Perubahan ini bisa mengakibatkan SAD (Seasonal Affective Disorder) atau sejenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun.

Selain itu, beberapa manfaat lain juga bisa didapat dengan konsumsi suplemen melatonin dengan tepat. Seperti membantu mencegah sakit kepala, menurunkan tekanan darah, mengurangi kelelahan, mengembalikan jam tubuh Anda, hingga meningkatkan kepekaan Anda.

Melatonin dan Pembentukan Otot

Cara Mengatasi Susah Tidur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, istirahat sangat berperan penting dalam membantu program pembentukan otot yang Anda lakukan. Tidur yang cukup setidaknya selama 7-8 jam semalam akan membantu perkembangan dan pemulihan otot tubuh Anda.

>> Perhatikan Tidur Anda Jika Ingin Lebih Berotot! <<

Sebuah penelitian menyebutkan, jika kurang tidur dilakukan selama tiga hari beruntun, maka akan buat otot-otot Anda resisten terhadap insulin. Yang pada gilirannya akan dapat menyebabkan penimbunan lemak berlebih dalam tubuh karena dapat meningkatkan nafsu makan, memperlambat metabolisme dan jumlah kalori yang terbakar sangat kurang.

Lalu bagaimana cara mengatasi susah tidur? nfl jerseys all teams alibaba

Karena sangat penting untuk perkembangan dan pemulihan otot Anda, maka akan sangat penting bagi tubuh Anda untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Otot Anda berkembang dan terbentuk bukan terjadi pada saat Anda berlatih atau konsumsi makanan, melainkan pada saat Anda berisitirahat atau tidur. Ketika tidur, tubuh Anda akan memperbaiki otot yang rusak dan mulai membangun dan membentuk otot baru yang lebih kuat dari yang sebelumnya.

Melatonin sebagai Antioksidan

Cara Mengatasi Susah Tidur

Manfaat kesehatan lain yang juga didapat dari melatonin adalah sebagai antioksidan. Ya, anti oksidan melindungi sel-sel tubuh Anda dari oksidasi. Anti oksidan ini membantu memperlambat penuaan dan tingkat melatonin sendiri menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Peneliti dari University of Texas Health Science Center menyebutkan, melatonin dapat membantu melindungi sistem saraf pusat dari radikal bebas.

Trytophan atau triptofan merupakan komponen utama dalam melatonin dan dapat ditemukan dalam banyak makanan yang kita konsumsi setiap hari. Namun demikian, suplemen melatonin lebih akan lebih cepat diserap serta memiliki kandungan yang lebih tinggi daripada makanan sumber melatonin. Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang merupakan sumber melatonin yang baik, berdasarkan kandungan triptofan di dalamnya.

• Oat
• Jagung manis
• Beras
• Jahe
• Tomat
• Pisang
• Kalkun dan daging lainnya
• Kedelai dan produk olahannya
• Keju cottage
• Beras merah
• Kacang tanah.
• Coklat
• Kurma
• Susu
• Daging
• Ikan
• Ayam
• Wijen

Informasi tentang dosis untuk mengkonsumsi melatonin akan berbeda pada tiap orang. Beberapa orang membutuhkan lebih banyak, beberapa lainnya membutuhkan kurang dari itu. michael kors apple watch band activity tracker

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes