manfaat suplemen

Dahsyatnya Manfaat Suplemen ZMA dalam Program Fitnes Anda

Pernahkah Anda mendengar suplemen ZMA? Jika belum, maka artikel ini akan menghadirkan bagaimana dahsyatnya manfaat suplemen ZMA.

Semua fitnes mania, termasuk Anda, pastinya sudah mengetahui bahwa pemenuhan makronutrisi adalah kunci utama untuk pembentukan otot.

Meski begitu, Anda tidak dapat dengan mudah mengabaikan mikronutrisi jika Anda sedang menerapkan program fitnes.

Dan ada dua mikronutrisi yang paling menonjol berperan untuk pertumbuhan otot, anti-inflamasi (peradangan), sinyal insulin, dan sejumlah proses penting lainnya. Mikronutrisi tersebut adalah seng (zinc) dan magnesium.

Karena itu, ada beberapa suplemen yang menyertakan dua mikronutrisi tersebut untuk membantu program fitnes Anda. Umumnya suplemen tersebut dinamakan ZMA. Apa saja manfaat suplemen ini?

ZMA merupakan salah satu dari beberapa suplemen yang wajib untuk dikonsumsi fitnes mania. Terutama sangat penting untuk massa istirahat (tidur) Anda.

Mari kita simak mengapa ZMA juga berperan penting dalam program Anda.

Seberapa Besar Manfaat Suplemen dalam Program Fitnes Anda?

manfaat suplemen

Suplemen sendiri adalah nutrisi tambahan yang tidak atau kurang Anda dapat dari makanan sehari-hari.

Misalnya, kebutuhan protein harian Anda adalah 100 gram tapi protein yang Anda dapat dari makanan hanya sebesar 80 gram. Untuk menutupi kekurangan tersebut, Anda disarankan untuk mengonsumsi suplemen protein.

Tapi jika kebutuhan protein harian Anda mencukupi melalui real food, maka Anda tidak perlu menambahkan suplemen.

Meski demikian, suplemen tidak dapat dikatakan sebagai pengganti makanan karena sifatnya hanya menambahkan.

Mengapa pemenuhan nutrisi sangat penting?

Hal ini adalah bertujuan agar kondisi tubuh Anda tetap terjaga sehingga goal fitnes Anda segera tercapai.

Manfaat Suplemen ZMA

manfaat suplemen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ZMA merupakan kombinasi suplemen zinc (seng) dan magnesium.

Lalu apa saja manfaat dari ZMA yang bisa Anda dapat?

ZINC (Seng)

Seng dianggap sebagai salah satu mineral yang mudah diekskresikan melalui keringat.

Karena itulah, mengapa para fitnes mania seperti Anda sangat rentan mengalami defisiensi seng daripada mereka yang jarang berolahraga.

Meski terdengar cukup membosankan, namun suplementasi ZMA benar-benar penting bagi Anda yang memang berniat untuk latihan lebih keras.

Seng juga berperan penting untuk membantu menjaga fungsi hati, menjaga kesehatan prostate, dan juga merupakan mineral penting untuk menjaga kesehatan reproduksi.

Zinc dan Libido

manfaat suplemen
Salah satu efek ketika Anda menerapkan latihan yang keras adalah pada produksi kadar hormon testosteron dan libido Anda.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa suplementasi seng pada saat latihan keras atau defisit kalori, dapat membantu Anda mencegah penurunan hormon testosteron. Bagi para pria tentunya.

Seng dan Metabolisme Tubuh Anda

Selain mempengaruhi hormon testosteron Anda, diet dan latihan keras dapat mempengaruhi hormon tiroid.

Dan dengan suplementasi seng dapat membantu Anda mencegah kehilangan banyak tiroid.

Selain menjaga fungsi tiroid selama program diet dan latihan, seng juga dapat membantu meningkatkan penyerapan glukosa dalam sel otot.

Ada beberapa makanan yang mengandung seng cukup tinggi seperti kuning telur, bayam, kacang-kacangan, biji wijen, tiram, hati sapi, bawang putih, daging merah, dan jamur.

Magnesium

Setelah membahas seng, kini saatnya kita membahas magnesium.

Magnesium merupakan atom mineral yang terlibat lebih dari 300 reaksi metabolisme dan berperan penting dalam berbagai proses biologis dasar.

Manfaat suplemen magnesium juga berfungsi untuk membantu merelaksasi otot, mendistribusikan energi, dan membantu menghilangkan timbunan lemak pada dinding bagian dalam dari pembuluh darah dimana hal ini sangat berguna untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Salah satu yang paling utama adalah efeknya pada tidur dan sinyal insulin.

Magnesium dan Tidur

manfaat suplemen

Mengatur pola makan yang tepat serta latihan beban adalah terpenting untuk membentuk dan membangun massa otot.

Namun, usaha Anda tersebut akan sia-sia apabila Anda tidak mendapatkan tidur yang berkualitas atau bisa disebut dengan kurang istirahat. Karena tidur yang cukup akan dapat memaksimalkan program Anda.

Dalam studi seperti yang dilaporkan dalam MuscleandStrength.com, disebutkan bahwa orang yang mengonsumsi magnesium cukup dapat membantu meningkatkan kualitas tidur serta mengatasi defisiensi magnesium.

Magnesium dan Insulin

Hampir sama seperti seng, magnesium juga berperan penting dalam menjaga sensitivitas insulin.

Insulin bekerja dalam tubuh dengan cara mengikat reseptor insulin kemudian mengirimkan sinyal melalui sel GLUT4 transporter glukosa.

Jika tubuh Anda kekurangan magnesium maka dapat mengganggu sinyal ini serta mengurangi penggunaan glukosa.

Sementara itu, beberapa makanan yang mengandung magnesium antara lain cokelat, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, pisang, sayur hijau gelap, beras merah, kubis, dan semangka.

Baca Juga: Ingin Tidur Nyenyak? Cobalah Seks Sebelum Tidur

Manfaat Suplemen ZMA Secara Umum

manfaat suplemen

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, suplementasi ZMA juga memiliki sejumlah manfaat penting lain.

Dalam penelitian yang dilakukan Western Washington University, atlet football dari NCAA yang mengonsumsi ZMA setiap malam selama 8 minggu, terbukti dapat membantu meningkatkan kekuatan otot 2.5 kali lebih besar daripada atlet yang tidak mengonsumsi ZMA. Pastinya Anda akan benar-benar mendapat manfaat suplemen ini dengan maksimal.

ZMA juga merupakan formula anabolik yang dikonsumsi pada malam hari yang dikembangkan secara khusus untuk meningkatkan proses pemulihan dengan meningkatkan efisiensi waktu tidur.

ZMA sangatlah efektif untuk membantu Anda tidur dan disarankan untuk mengonsumsinya 30-60 menit sebelum tidur.

Bagi banyak fitnes mania, mungkin masih ada beberapa yang belum mengetahui betapa pentingnya memiliki tidur yang berkualitas.

Ya, tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk menjaga program fitnes Anda seperti mempercepat proses recovery, memperbaiki jaringan, hingga produksi hormon anabolik.

Bagi Anda fitnes mania, semakin banyak keringat yang keluar maka Anda cenderungan kehilangan banyak seng dan magnesium. Untuk menjaga kebutuhan tersebut, Anda dapat mengonsumsi ZMA agar pembentukan otot tetap maksimal.

BUAT LATIHAN DAN DIET ANDA LEBIH OPTIMAL

  • Meningkatkan Kualitas Tidur Anda
  • Mengurangi Kadar Lemak Tubuh
  • Meningkatkan Kadar Testosteron
  • Meningkatkan Vitalitas Tubuh Anda

Sangat membantu kualitas tidur Anda agar perkembangan otot tetap optimal! BELI DI SINI!

Pentingnya Tidur yang Berkualitas dalam Fitnes Anda

Latihan beban rutin dan mengatur pola makan (diet) seimbang, memang sangat penting bagi pertumbuhan otot Anda.

Namun, ada satu aspek lagi yang tak kalah penting yang juga perlu Anda perhatikan, yaitu mendapatkan tidur yang berkualitas.

Sangat penting untuk dipahami bahwa jika Anda ingin mendapatkan pertumbuhan otot optimal dengan cepat, Anda harus cukup tidur setiap malam.

Tidur malam yang cukup juga berperan penting dalam program Anda karena ketika tidur, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan otot atau Growth Hormone (GH).

Selain kurang menguntungkan untuk perkembangan otot, masih banyak dampak yang kurang baik jika Anda kurang tidur. Apa saja?

1. Pemulihan Otot Jadi Lebih Lama

manfaat suplemen

Perkembangan otot memang akan terganggu apabila waktu tidur Anda juga terganggu.

Pasalnya, otot cepat pulih dan berkembang juga tergantung pada waktu tidur Anda (selain asupan nutrisi). Semua terjadi di luar gym.

Setelah otot rusak karena latihan yang keras, jaringan otot akan memulihkan diri pada saat Anda tidur.

Bukan hanya otot yang memulihkan, tapi juga sistem saraf, sendi, dan sistem kekebalan tubuh.

2. Kekuatan Otot Menurun

Dampak fisik dan mental akan Anda rasakan jika Anda kurang tidur.

Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kekuatan otot Anda yang tentunya akan merugikan apabila Anda melakukan program pembentukan otot karena performa latihan Anda bisa menurun.

3. Produksi Hormon Pertumbuhan Terganggu

manfaat suplemen

Ketidakseimbangan hormon akan terjadi apabila Anda kurang tidur. Seperti hormon kortisol, testosteron, hormon pertumbuhan, dan insulin.

Pasalnya, hormon-hormon tersebut sangatlah penting untuk pertumbuhan otot Anda.

Masing-masing hormon memiliki fungsi dalam membantu pertumbuhan otot Anda. Jika terjadi ketidakseimbangan level hormon tersebut, maka tentunya pertumbuhan dan perkembangan otot Anda pun ikut terganggu.

Hormon pertumbuhan misalnya, yang dilepaskan ketika kita sedang tidur, sehingga jika kita kurang tidur, kadar hormon ini akan menurun. Padahal hormon ini memiliki peran penting dalam regenerasi tubuh Anda, serta menumbuhkan dan memelihara jaringan otot yang sudah ada.

Sebuah studi menyebutkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan tingkat testosteron hingga 15%. Menurunnya testosteron juga berpengaruh terhadap tingkat kesehatan pada pria, terutama kesehatan seksual.

Studi ini menjelaskan bahwa dengan menurunnya kadar testosteron, menurun pula libido, energi, dan tingkat konsentrasi pada pria.

Bahkan dalam kasus tertentu, menurunnya testosteron dapat menyebabkan kelelahan. Selain berperan bagi pertumbuhan otot, testosteron juga memiliki peran yang penting dalam menjaga kepadatan tulang.

Maka dari itu tidak heran jika banyak pria yang berusia di atas 40 tahun cenderung mengalami keropos tulang karena produksi testosteron menurun sebanyak 1-2% tiap tahun.

4. Bisa Membuyarkan Tingkat Konsenstrasi Anda

Satu lagi kekurangan jika Anda tidak memiliki tidur yang berkualitas.

Yakni tingkat konsentrasi Anda dapat menurun. Jadi ketika Anda kurang tidur, konsenstrasi Anda akan kacau pada saat beraktivitas. Termasuk konsentrasi Anda ketika latihan.

Tips Paling Sederhana Agar Anda Dapatkan Tidur Berkualitas

manfaat suplemen

1. Jadikan Tidur Sebagai Rutinitas

Ada baiknya jika Anda mulai disiplin untuk menerapkan jam tidur. Mulailah tidur pada jam yang sama setiap harinya selama lebih kurang 8 jam per malam.

2. Matikan Perangkat Elektronik

Sebuah penelitian yang dilakukan di Ohio State University selama empat minggu menemukan bahwa paparan cahaya buatan dari smartphone, laptop, tablet, atau televisi dapat membuat lesu dan depresi.

Sementara penelitian dari Lighting Research Center (LRC) di Rensselaer Polytechnic Institute pada 2012 lalu mengatakan bahwa paparan cahaya dari perangkat elektronik dapat menyebabkan penekanan melatonin, yaitu hormon yang membantu tubuh mempertahankan ritme sirkadiannya.

3. Stop Kafein Jauh Sebelum Jam Tidur Anda

Jika Anda suka minum kopi, gantikan kopi Anda ke kopi decaffeinate dan konsumsilah maksimal jam 4 sore atau sebelumnya.

Apabila Anda mengonsumsi kafein pada malam hari bisa membuat Anda merasa gelisah ketika sudah memasuki jam tidur dan tentu akan mengganggu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Karena itu, sebaiknya mengonsumsi kafein ketika masih sore hari.

4. Jangan Berolahraga Mendekati Jam Tidur

Satu jam sebelum tidur, hindari melakukan segala jenis pekerjaan yang membutuhkan Anda untuk berpikir keras dan berkonsentrasi. Termasuk latihan yang terlalu mepet dengan jadwal tidur.

Dalam video di atas akan dipaparkan alasan mengapa Anda disarankan untuk tidak berolahraga ketika mendekati jam tidur.

Nah, jika Anda kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, maka perkembangan otot Anda juga akan terganggu.

Karena itu sangat penting bagi Anda untuk memilikinya dengan melakukan beberapa tips di atas. Bila perlu tambahkan suplementasi ZMA dari Ultimate Nutrition agar mendapat manfaat suplemen yang maksimal dan goal fitnes Anda segera tercapai.

BUAT LATIHAN DAN DIET ANDA LEBIH OPTIMAL

  • Meningkatkan Kualitas Tidur Anda
  • Mengurangi Kadar Lemak Tubuh
  • Meningkatkan Kadar Testosteron
  • Meningkatkan Vitalitas Tubuh Anda

Sangat membantu kualitas tidur Anda agar perkembangan otot tetap optimal! BELI DI SINI!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes