Suplemen Ampuh untuk Menjaga Kualitas Istirahat Anda

Apakah sudah cukup dengan latihan saja untuk membentuk badan?

Atau hanya cukup dengan latihan dan pola makan saja?

Ya benar, untuk membentuk tubuh Anda agar lebih lean, berotot dan ideal, kedua hal di atas adalah poin utama.

Namun, masih ada beberapa poin penting yang juga harus Anda lakukan. Yaitu suplementasi dan istirahat yang cukup.

Suplemen sudah hal umum dilakukan bagi banyak fitnes mania. Fungsi utama dari suplemen adalah menunjang hasil latihan dan juga pola makan yang telah mereka lakukan. Suplemen sendiri merupakan nutrisi tambahan yang tidak atau kurang Anda dapatkan dari makanan Anda sehari-hari.

Lalu Bagaimana dengan Istirahat?

NewsletterTidur

Anda sudah melakukan latihan dengan keras dan juga mengatur pola makan yang sehat. Namun jika Anda tidak memiliki waktu istirahat yang cukup, bisa jadi usaha yang Anda lakukan dengan keras tadi akan lambat hasilnya atau bahkan sia-sia.

Istirahat yang cukup akan dapat membuat tubuh kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah overtraining. Tubuh Anda memerlukan waktu istirahat, termasuk tidur malam, agar otot tubuh Anda memulihkan diri serta berkembang setelah Anda ajak untuk latihan keras.

Jika tidak diimbangi dengan tidur yang cukup, bisa jadi otot tubuh Anda akan lambat proses recoverynya sehingga jadwal latihan Anda berikutnya juga terganggu.

Ketika tidur malam tersebut, tubuh akan memproduksi hormone pertumbuhan atau growth hormone (GH). Karena itu, mendapatkan tidur yang berkualitas sangat penting guna menjaga perkembangan otot tubuh Anda.

>> 5 Tanda Saatnya Istirahatkan Tubuh Anda <<

Suplementasi Melatonin untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas?

mengatasi insomnia

Ada berbagai penyebab mengapa Anda kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Seperti karena sedang sakit, jadwal latihan yang terlalu mepet dengan jadwal tidur, gemar minum alkohol, atau tergila-gila menggunakan smartphone Anda.

Ya, kebiasaan-kebiasaan tersebut sebaiknya segera Anda hilangkan jika Anda melakukan program pembentukan tubuh. Karena kebiasaan di atas akan dapat mengganggu waktu istirahat Anda.

Mengatur pola makan yang sehat serta olahraga rutin dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Apabila Anda kesulitan mendapatkan waktu istirahat malam, Anda dapat menambahkan suplemen pendukung.

Suplemen di sini berperan untuk memberikan tubuh Anda rangsangan agar memiliki tidur berkualitas. Suplemen tersebut adalah melatonin.

#Apakah Melatonin itu?

Otottidur

Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal, yakni sebuah kelenjar kecil yang berada di otak. Melatonin berguna dalam mengendalikan siklus tidur dan bangun seseorang. Melatonin banyak terkandung dalam makanan seperti daging, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Anda pun bisa mendapatkannya dalam bentuk suplemen.

#Cara Kerja Melatonin dalam Tubuh

Tubuh Anda memiliki “jam internal” yang berfungsi mengendalikan siklus tidur dan bangun tiap hari. Jam internal ini pula yang menentukan berapa banyak tubuh Anda memproduksi melatonin. Normalnya, kadar melatonin akan meningkat pada pertengahan hingga larut malam, kemudian akan turun menjelang pagi.

Faktor cahaya juga turut mempengaruhi berapa banyak tubuh Anda memproduksi melatonin. Saat musim dingin, biasanya tubuh akan memproduksi melatonin lebih awal atau lambat daripada hari biasanya. Perubahan ini bisa mengakibatkan SAD (Seasonal Affective Disorder) atau sejenis depresi ringan yang terjadi pada waktu yang sama setiap tahun.

Seiring bertambahnya usia, kadar melatonin seseorang akan cenderung menurun dan bahkan tidak dapat memproduksi melatonin sama sekali.

Baca Juga: Mengapa Tidur Malam Sangatlah Penting Bagi Tubuh?

#Pentingnya Suplementasi Melatonin

manfaat creatine

Suplemen melatonin terkadang digunakan untuk mengatasi jet lag atau gangguan susah tidur (insomnia). Para peneliti juga menemukan bahwa penggunaan suplementasi melatonin juga efektif untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti:

• Mengatasi SAD atau gangguan mood musiman
• Membantu mengontrol jam tidur pekerja shift malam
• Mengurangi masalah susah tidur dan kebingungan pasca operasi
• Mengurangi sakit kepala

Bahkan tidak menutup kemungkinan, penggunaan suplementasi melatonin dapat mencegah penyebaran kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menunda proses penuaan. Namun untuk memastikan hal ini penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Manfaat penggunaan suplemen melatonin juga masih diteliti lebih lanjut pada pasien yang mengalami kebutaan. Karena tidak dapat melihat cahaya, orang buta dapat mengalami gangguan tidur seperti tidur di siang hari dan bangun pada malam hari. >> 4 Nutrisi Penting untuk Istirahat Malam Anda Agar Otot Berkembang Maksimal

#Amankah Mengonsumsi Suplemen Melatonin?

Suplementasi melatonin aman digunakan selama dalam dosis yang dianjurkan, baik dalam jangka pendek maupun panjang. Pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan suplementasi melatonin. Anak-anak, wanita hamil dan menyusui sebaiknya tidak menggunakan suplemen melatonin tanpa persetujuan dari dokter.
Ada beberapa efek samping dari penggunaan suplementasi melatonin, di antaranya:

• Mengantuk
• Suhu tubuh menurun
• Mimpi seperti realita
• Pusing di pagi hari
• Perubahan tekanan darah

Efek samping ini biasanya akan hilang jika penggunaan suplementasi melatonin dihentikan. Demi keselamatan Anda, jangan mengendarai mobil dan mengoperasikan peralatan berat setelah Anda mengonsumsi melatonin.

Pada orang dewasa, melatonin dapat dikonsumsi pada dosis 0.2-20 mg melatonin, tergantung dari tujuan penggunaan. Dosis yang tepat berbeda pada setiap orang. Konsultasikan dengan dokter, berapa dosis yang tepat mengonsumsi melatonin bagi kebutuhan Anda.

#Di mana bisa mendapatkan Suplemen Melatonin?

Suplementasi melatonin bisa Anda dapatkan di apotik, distributor suplemen, atau bisa juga Anda dapatkan secara online. Namun pastikan bahwa melatonin yang Anda konsumsi memiliki kualitas terbaik dan aman bagi kesehatan Anda, menjaga perkembangan dan pertumbuhan otot Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes