3 Alasan Mengapa Berat Badan Anda Belum Bertambah!

Bagi Anda yang tubuhnya bertipe ectomorp atau hardgainer, pastinya cukup sulit untuk menambah berat badan dan massa otot.

Meski terbilang sulit, hal itu bukan berarti tidak dapat Anda lakukan sama sekali. Yang diperlukan adalah kerja keras dalam latihan, pola makan, istirahat yang cukup, serta kesabaran.

Selain mengatur pola makan (diet), latihan beban kerap direkomendasikan apabila Anda berniat untuk menambah berat badan sekaligus massa otot.

Namun jika Anda sudah rutin berlatih beban selama kurang lebih enam bulan namun tidak mendapatkan hasil, ada beberapa alasan utama yang menjadi penyebabnya.

1. Makan yang Masih Sedikit

diet

Karena melakukan diet (mengatur pola makan), Anda melupakan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak. Padahal, Anda membutuhkan lemak untuk menambah berat badan Anda.

Jika Anda benar-benar ingin menambah berat badan dan juga massa otot, jangan sama sekali menghapus lemak dalam menu makanan Anda.

Sebaiknya, jadwal makan Anda adalah 3-5 kali dalam sehari Anda dengan makan makanan dalam jumlah 600 gram protein tiap harinya. Tambahkan makanan-makanan lain untuk mendapatkan 2500 kalori.

Tidak hanya protein, kalori tersebut juga berasal dari lemak maupun karbohidrat untuk menjaga keseimbangan nutrisi.
Lantaran ‘tergila-gila’ pada protein, Anda hanya mengonsumsi protein saja setiap hari. Cara seperti ini adalah cara yang kurang baik jika Anda ingin menambah berat badan dan massa otot.

Ini artinya, Anda tidak boleh mengabaikan makronutrisi lain seperti karbohidrat dan lemak dalam menu makan Anda.

Baca Juga: Menu dan Waktu Makan yang Tepat Untuk Menambah Berat Badan

2. Mencoba Mengikuti Program yang Lebih Rumit

weighted-pushup

Selama kurang lebih 3 bulan terakhir Anda selalu rutin melakukan bench press dengan berat 40 kilogram dengan 3 set dan 5 repetisi pada saat latihan dada. Kemudian Anda merasa bahwa latihan ini adalah sudah pada titik lemah Anda, maka Anda berniat untuk melakukan variasi seperti dengan melakukan board press.

Di mana letak kesalahannya di sini?

Bukan salah sebenarnya, hanya saja kurang tepat jika Anda lebih memilih melakukan variasi yang ekstrim.
So, lebih baik Anda mulai berpikir bahwa sudah saatnya Anda menambah berat beban misalnya menjadi 50 kilogram. Begitu ketika sudah terbiasa dengan 50 kilogram, maka situasi yang sama juga akan terjadi. Selagi Anda masih bisa mengangkat beban dengan berat lebih, maka lakukanlah.

Simak juga informasi menarik tentang Suplemen Apa untuk Menambah Berat Badan?

3. Terlalu Banyak Variasi dan Tidak Berkembang

latihan squat

Ketika Anda browsing di internet, Anda akan menemukan banyak sekali program dengan tujuan untuk menambah berat badan dan massa otot Anda.

Beberapa di antara program yang ada tersebut memang benar-benar efektif untuk menambah berat badan dan massa otot. Namun beberapa di antaranya juga kurang terbukti pada tubuh Anda.

Saking banyaknya program membuat Anda sering mengubah program sehingga malah berakibat tubuh Anda kesulitan berkembang.

>> Cara Ampuh Menambah Berat Badan dan Massa Otot Anda <<

Salah satu faktor yang paling penting dalam muscle building adalah memiliki kekuatan. Namun, banyak fitnes mania yang terus mencoba dengan set, repetisi, tempo latihan yang berubah tanpa meningkatkan berat beban. Sehingga terlalu banyak variasi namun tidak berkembang.

Jadi, evaluasi kembali berat angkatan Anda jika ingin menambah variasi latihan.

Dan dengan latihan yang rutin dan terus meningkat secara bertahap, maka akan sangat membantu Anda mendapatkan massa otot dan berat badan yang Anda inginkan.

Seperti pada ebook rahasia menambah berat badan ini. Di Ebook ini, Anda bisa lakukan latihan dan pola makan yang terbukti dapat membantu menambah berat badan dan massa otot Anda >> Rahasia Menaikkan Berat Badan Hanya Dalam Waktu 30 Hari

ideal

Memang, masih banyak faktor yang bisa menentukan program muscle building Anda berhasil atau tidak, salah satunya adalah istirahat yang cukup.

So, berlatihlah dengan bijak, pola makan sehat, istirahat yang cukup serta suplementasi yang tepat agar program Anda segera tercapai.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes