pose yoga

4 Pose Yoga Untuk Pasien Diabetes

Yoga memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan, tak terkecuali bagi mereka yang mengalami diabetes. Nah, berikut ini beberapa gerakan yoga yang tepat untuk pasien diabetes.

pose yoga

Sama halnya dengan olahraga jenis lain, yoga dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan kita. Selain membuat bugar, latihan ini juga dapat mencegah beragam penyakit.

Yoga juga memberikan manfaat luar biasa bagi pasien diabetes. Pasalnya, latihan yoga membuat otot-otot menyerap kelebihan glukosa darah. Tentunya, hal ini dapat mengurangi kadar gula darah.

Selain itu, pose yoga (Asana) juga dapat membantu pankreas dan hati untuk berfungsi secara efektif mengatur kadar gula darah serta membantu sekresi insulin.

Nah, berikut ini beberapa gerakan yoga yang tepat bagi Anda yang mengalami diabetes seperti dilansir timesofIndia:

1. Sun Salutations (Surya Namaskar)

pose yoga

Ada beberapa gerakan pose yang berbeda dari Sun Salutations. Banyak orang yang menganggap bahwa gerakan yoga ini paling komplet. Selain membantu menurunkan berat badan, melatih kekuatan otot, detoks alami tubuh, pikiran rileks, juga dapat membantu pasien diabetes untuk menurunkan kadar gula darah.

2. Seated Forward Bend Pose (Paschimottanasana)

pose yoga

Duduk sambil luruskan kaki ke depan. Tarik nafas lalu perlahan rentangkan tangan hingga menyentuh jari kaki. Benamkan kepala dan mencium lutut lalu ulangi ke posisi awal dan hembuskan nafas perlahan. Ulangi gerakan ini hingga 3-4 kali.

Meningkatkan suplai darah di bagian punggung dengan meregangkan otot-otot punggung dan di bagian belakang kaki. Pose ini juga mengaktifkan fungsi pankreas dan ginjal untuk membantu menurunkan berat badan.

3. Cow Face Pose (Gomukhasana)

pose yoga

Duduk di lantai dan silangkan kaki kiri di bawah kaki kanan. Ambil napas lalu lakukan peregangan tangan. Buang nafas sambil istirahatkan lengan. Angkat tangan kanan ke atas dan tekuk. Pertemukan dengan tangan kiri di belakang punggung. Tahan satu menit. Ulangi gerakan ini pada kaki lain.

Latihan ini meningkatkan fleksibilitas bagian bahu dan pinggul sekaligus memperkuat otot-otot dada dan punggung. Selain itu juga merangsang fungsi ginjal, kandung kemih, sistem pencernaan.

4. Seated Twist Pose (Ardha Matsyendrasana)

pose yoga

Duduk di lantai (alas) lalu letakkan tangan kiri pada paha kanan. Lalu putar tubuh Anda perlahan. Tahan posisi ini selama 10 detik lalu buang napas. Lakukan bergantian pada sisi lain dan ulangi gerakan 5-8 kali.

Selain sehat untuk hati dan ginjal, pose ini mampu mencegah nyeri punggung dan pinggul, merangsang fungsi pankreas dan meningkatkan konsentrasi.

Setiap sebelum melakukan latihan yoga, terlebih dahulu lakukan pemanasan agar otot tubuh tidak kaku dan mengurangi risiko cedera. Jika Anda berlatih yoga, kegiatan sehari-hari Anda akan meningkat dan menjadi lebih efisien. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Hindari Kesalahan Ini Jika ingin Perut Anda Sixpack

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes