pertumbuhan otot

5 Hal Ini Bisa Hambat Pertumbuhan Otot

Banyak di antara mereka yang rajin menyambangi gym tetap saja tak memperoleh pertumbuhan otot yang diinginkan. Otot-otot yang ditargetkan tak kunjung terbentuk

Ya, banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari teknik latihan Anda yang salah, hingga pola makan Anda yang tidak sehat.

Berikut adalah lima kesalahan yang mungkin Anda lakukan, sehingga membuat otot-otot Anda tak kunjung terpahat sempurna.

#1. Kurang Mendengarkan Tubuh Anda

pembentukan otot

Memang, disiplin adalah salah satu elemen terpenting yang wajib untuk Anda penuhi untuk membangun otot-otot Anda.

Ya, salah satunya dengan mematuhi program latihan yang Anda buat.

Itulah alasan mengapa Anda tetap melakukan latihan meski lengan delts dan tricep Anda masih sakit karena latihan bahu kemarin.

Rasa sakit itu memang efek yang baik dalam menandakan bahwa otot sedang bereaksi akibat kita berikan tekanan melalui angkat berat.

Akan tetapi, bukan berarti itu harus Anda paksakan untuk latihan dan menerima kembali rangkaian latihan yang berat.

Inilah yang dapat membuat otot tak mempunyai kesempatan untuk mengubah massa-nya. Sehingga, membuat Anda gagal dalam memperoleh tubuh idaman yang Anda impikan.

Jika Anda ingin membentuk tubuh ‘super’ lengkap dengan otot pembentuknya, maka penting bagi Anda untuk mendengarkan dan menuruti permintaan tubuh Anda.

Artinya, jika Anda masih mengalami sakit-sakit pada bagian tubuh tertentu pasca latihan yang Anda lakukan sebelumnya, maka berhentilah melakukan latihan dalam beberapa hari.

Ada saatnya Anda untuk memberikan kesempatan tubuh untuk beristirahat total dan menyembuhkan diri.

#2. Hanya Fokus Pada Satu Bagian Tubuh Tertentu

Memang, membentuk bagian bicep dan sixpack adalah bagian tubuh prioritas yang harus pertama kali Anda latih. Itulah yang banyak dilakukan oleh kebanyakan pria yang memutuskan untuk melakukan latihan.

Ini dikarenakan, kedua bagian tubuh tersebut begitu dibanggakan karena dapat meningkatkan kepercayaan diri. Namun, bukan berarti setiap hari Anda hanya memusatkan pada bagian bicep saja.

Terlebih, Anda melakukannya latihan dengan menggunakan gerakan single-joint. Single joint sendiri adalah gerakan latihan yang hanya melibatkan satu sendi dan otot tertentu.

Misalnya, seperti bicep cur, lateral raise, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jika hanya mengandalkan latihan-latihan tersebut, maka bisa dipastikan pembentukan otot tubuh tidak akan merata. Hal itulah yang akan membuat pembentukan otot berjalan dengan lambat.

Itulah sebabnya Anda harus beralih melakukan gerakan muti-joint. Ya, multi joint jenis gerakan compound yang melibatkan banyak sendi dan otot dalam melakukannya.

Misalnya, seperti Squat, Deadlift, Bench Press, Chin-up dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan beralih menggunakan gerakan latihan multi-joint, maka Anda akan cepat membentuk bagian-bagian otot secara menyeluruh.

Anda juga harus mengingat, bahwa tubuh Anda mempunyai cara sendiri dalam membentuk otot.
Anda tidak bisa seenaknya memerintahkan untuk membentuk bagian otot tertentu pada bagian tubuh Anda.

Tubuhlah yang mengatur dan memutuskan akan membentuk otot yang mana terlebih dahulu.

#3. Tidak Menyelaraskan Antara Pikiran-Otot untuk Pertumbuhan Otot

pertumbuhan otot

Mungkin Anda tak akan percaya bahwa pikiran dapat mempengaruhi perkembangan otot.

Ya, hal ini terkait dengan sugesti yang Anda percayai terkait dengan pikiran yang dapat mempengaruhi perkembangan otot Anda.

Jika Anda percaya bahwa setiap latihan dengan kualitas yang baik akan membuat otot Anda berkontraksi dan membuatnya semakin besar, maka Anda harus mempercayainya.

Untuk itu, belajarlah untuk bagaimana benar-benar fokus dengan otot, dan menikmati setiap gerakan ketika Anda melakukan latihan.

Maka lihatlah, Anda akan mendapati ukuran otot yang mengagumkan.

#4. Diet Kurang Terkontrol

Ada kalanya dalam satu minggu, Anda membebaskan satu hari penuh untuk lepas dari program diet Anda.

Ya, hanya beberapa orang saja yang melakukannya dengan tujuan menghindari kebosanan dalam melakukan program dietnya.

Cara ini memang sedikit rawan untuk Anda, besar kemungkinan Anda akan lepas kontrol dalam melahap menu-menu makanan yang tak bisa Anda santap saat melakukan program diet.

Itulah sebabnya, saat libur dalam melakukan diet, maka akan ada misi balas dendam untuk menikmati menu makanan yang tak bisa Anda santap dalam setiap harinya.

Terlebih, porsi yang Anda makan pun juga akan lebih banyak daripada biasanya.

Maka untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengubah kebiasaan diet Anda. Lebih baik jika Anda tidak membatasi makanan yang Anda makan.

Turuti kemauan nafsu makan, namun tetap dengan porsi yang lebih sedikit. Dengan begitu, rasa ingin tahu akan menekan nafsu makan Anda.

Sehingga, tidak akan lagi misi balas dendam untuk menyantap menu yang tak bisa Anda nikmati ketika menjalankan program diet.

#5. Latihan Kardio yang Berlebih Buat Pertumbuhan Otot Terhambat

pertumbuhan otot

Tiada latihan sebaik kardio untuk menurunkan berat badan.

Namun, ada kalanya Anda juga menambahkan kardio untuk tujuan membentuk massa otot. Asalkan, selama itu Anda lakukan dengan tidak berlebihan.

Hal itu dikarenakan, latihan kardio secara berlebihan dapat mengurangi kapasitas pembangkitan resultan energi Anda.

Dengan demikian, Anda tak akan mempunyai cukup energi untuk menghasilkan stimulant hormon pertumbuhan ketika Anda melakukan latihan angkat beban.

Hal itulah yang akan mendorong pertumbuhan otot Anda untuk tumbuh, untuk itu Anda membutuhkan energi untuk mewujudkan hal itu.

Oleh sebab itulah, jika Anda menginginkan pertumbuhan otot Anda semakin besar, maka lakukan latihan angkat beban.

Dikutip dari Bodybuilding.com, terlalu banyak melakukan kardio juga dapat menurunkan produksi testosteron Anda.

Pria yang memiliki kadar testosteron rendah cenderung memiliki lemak tubuh. Namun begitu, Anda tak perlu menghindari latihan ini. Hanya saja, lakukan dengan sewajarnya.

Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes