5 Latihan Utama untuk Transformasi Tubuh Anda

Untuk mempertahankan otot Anda yang lean, maka diperlukan banyak energi (kalori). Karena itu, penting menjaga otot tubuh Anda dengan nutrisi yang baik untuk mempercepat proses recovery dan pertumbuhan otot Anda.

Tidak peduli Anda pria atau wanita, yang pasti jika Anda ingin membangun otot tubuh maka penuhi nutrisi adalah langkah utama. Tentu saja, pola makan juga harus diikuti dengan latihan yang rutin.

Pertanyaan selanjutnya adala, adakah latihan yang sangat tepat untuk membentuk otot dan membakar lemak?

Lebih Banyak Otot, Lebih Banyak Kalori yang Terbakar

tips memiliki body ideal

Ketika mencari program latihan, Anda perlu memasukkan jenis-jenis gerakan latihan dan latihan tersebut secara spesifik menargetkan otot apa.

Bagi banyak fitnes mania, mungkin latihan compound adalah cara terbaik untuk membangun otot tubuh dengan cepat.
Latihan compound melibatkan banyak kelompok otot dan sendi, beban lebih stabil, serta dapat mengangkat beban yang cukup berat.

Tentunya, target dari latihan compound ini pastinya sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin membangun otot dan memkabar kalori selama latihan.

Bahkan, latihan compound juga mampu membuat tubuh Anda membakar kalori beberapa waktu setelah latihan (after burn) >> Afterburn Effect Workout, Bakar Lemak Hingga ke Akarnya

After burn dapat terjadi 38 jam setelah Anda latihan. Oleh karena itu, ketika Anda setelah latihan atau bahkan sehari kemudian, tubuh Anda secara alami akan membakar lebih banyak kalori daripada sebelumnya.

So, bukan main kan tujuan dari latihan beban, terlebih untuk Anda yang ingin meningkatkan pembakaran kalori dan lemak tubuh Anda.

Berikut ini 5 gerakan latihan compound yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pembakaran lemak serta membangun otot.

#1. Deadlift

latihan deadlift

Tidak sedikit fitnes mania, saya harap bukan Anda, yang berpikir bahwa melakukan deadlift adalah hanya mengangkat bar dari lantai lalu diturunkan kembali. Meski terkesan simpel, latihan ini memberikan efek yang luar biasa bagi program Anda.

Deadlift bekerja pada rantai posterior secara menyeluruh. Ini berarti, otot Anda dari paha belakang (hamstring), glutes, punggung, dan otot trapezius akan ikut terlatih.

Namun yang perlu dicatat, otot-otot tersebut akan benar-benar tertarget jika Anda melakukannya dengan benar dan juga untuk mencegah cedera.

Jika Anda kesulitan untuk melakukannya, Anda dapat meminta bantuan rekan Anda atau menggunakan jasa personal trainer.

Poin utama melakukan gerakan ini adalah pastikan posisi punggung Anda tidak melengkung.

Baca Juga: Variasi Deadlift untuk Raih Massa Otot Lebih Besar Lagi

#2. Clean and Press

5Clean

Dengan menggabungkan dua latihan dalam satu latihan tentunya akan dapat membakar kalori Anda lebih banyak.

Ya, clean and press mengkombinasikan jenis gerakan latihan upright row dan shoulder press. Latihan ini menargetkan untuk otot deltoids, trapezius, dan trisep.

#3. Squat

latihan squat

Squat melibatkan banyak kelompok otot bagian bawah seperti paha depan, paha belakang (hamstring), dan glutes. Selain itu, gerakan sederhana ini juga dapat membantu menstabilkan beban di punggung Anda.

>> 6 Variasi Squat yang Jangan Anda Lewatkan Jika Ingin Memiliki Lower Body Kuat <<

#4. Bench Press

latihan bench press

Latihan yang efektif tidak mengharuskan Anda untuk melakukan latihan yang berdiri. Salah satunya adalah bench press.

Bagi Anda fitnes mania pasti sudah tidak asing dengan gerakan latihan yang satu ini. Ya, bagi kebanyakan fitnes mania latihan ini dilakukan untuk pembentukan otot dada mereka.

Tidak hanya pada otot dada, bench press juga dapat mengaktifkan serat otot deltoid dan trisep. Latihan bench press ini akan membantu tubuh Anda membakar kalori lebih banyak setelah latihan.

Agar latihan bench press Anda lebih menantang dan keras, ketika bar hampir menyentuh dada Anda, tahan sebentar kemudian lanjutkan menaikkan bar ke atas dengan keras. Hal itu akan memberikan stres yang tinggi pada otot Anda.

#5. Standing Military Press

5militer

Latihan ini sebenarnya variasi dari seated military press. Latihan ini memang sangat bagus, namun ketika diganti dengan posisi ebrdiri maka akan dapat membantu menstabilkan berat.

Tidak hanya itu, melakukan standing military press juga dapat membantu meningkatkan pembakaran kalori tubuh Anda.
Namun sebaiknya, jumlah beban yang Anda angkat sebaiknya berbeda dengan posisi duduk karena energi yang dibutuhkan saat melakukan standing (berdiri) jauh lebih besar dan sulit.

Latihan yang melibatkan banyak kelompok otot seperti latihan compound memang cukup efektif untuk membangun dan membentuk otot tubuh dibandingkan latihan yang melibatkan satu kelompok otot.

Namun, pastikan bahwa kondisi tubuh Anda dalam keadaan prima serta ada rekan atau personal trainer untuk membimbing Anda agar Anda dapat melakukan gerakannya secara tepat dan sempurna.

Dan dengan download ebook gratis ini, Anda menemukan latihan terbaik dan mudah dilakukan untuk bantu membentuk otot tubuh Anda >> Rahasia Mendapatkan Tubuh Ideal Hanya dalam 30 Hari

BadanIdeal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes