pemulihan otot setelah latihan

6 Tips Latihan Beban Bagi Pemula

Apakah Anda masih ragu untuk melakukan latihan beban di tahun yang baru ini? Tunggu apalagi, ayo berlatih beban dan dapatkan bentuk tubuh ideal serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bagaimana resolusi fitnes Anda di tahun 2016 ini?

Apakah Anda ingin memiliki bentuk tubuh yang berotot?

Atau ingin menurunkan berat badan untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal?

Salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan latihan beban. Tapi masalahnya, Anda saat ini masih ragu untuk melakukan latihan beban. Entah itu karena bingung harus melakukan gerakan apa, hingga berapa berat beban yang tepat untuk Anda.

Nah, berikut ini 6 tips bagi Anda yang berniat untuk memulai latihan beban di tahun 2016.

#1. Tidur Lebih Banyak

Otottidur

Mungkin masih ada beberapa dari Anda yang meremehkan pentingnya istirahat dan tidur malam. Apakah Anda lantas menjadi kuat dan berotot setelah Anda melakukan latihan yang intens? Tentu tidak. Karena pada saat istirahat inilah otot Anda berkembang.

Latihan yang terlalu intens atau sering dapat menyebabkan overtraining dan tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup saat malam hari. Praktis, kondisi ini dapat menghambat latihan Anda berikutnya.

Jika Anda telah melakukan latihan keras agar otot-otot Anda semakin besar, maka dapatkan pula istirahat yang cukup agar otot berkembang maksimal.

Hormon pertumbuhan berperan penting karena produksi hormon ini memuncak pada saat Anda tidur. Ya, otot Anda berkembang pada saat Anda tidur.

Namun tentu saja, masih diperlukan latihan yang keras serta pola makan yang baik untuk meningkatkan perkembangan otot Anda. [Baca Juga: Perhatikan Tidur Anda Jika Ingin Tubuh Lebih Berotot]

#2. Makan, Makan, dan Makan

nutrisi untuk recovery tubuh

Apakah Anda ingin tubuh Anda terlihat berotot, lean, kencang, dan ideal?

Cara terbaiknya adalah penuhi asupan nutrisi untuk otot-otot Anda melalui makanan.

Agar latihan Anda maksimal, maka Anda membutuhkan energi sebagai bahan bakar latihan Anda. Energi ini berasal dari kalori makanan.

Namun perlu diingat, jangan sampai kegiatan makan ini menambah berat badan Anda secara drastis. Pastikan kebutuhan makronutrisi Anda (karbohidrat, protein, dan lemak) terpenuhi.

Protein merupakan makanan utama bagi otot. Makronutrisi ini sangat penting untuk Anda. Anda dapat mencukupi kebutuhan protein harian Anda melalui makanan seperti daging (tanpa lemak), kedelai, sayuran daun hijau, atau protein shake.

Sementara karbohidrat pilihlah karbohidrat kompleks karena sifatnya yang lambat diserap tubuh. Terutama ketika malam hari. Sumber karbohidrat kompleks antara lain ubi jalar atau gandum.

Dan lemak pastikan memilih lemak yang sehat untuk keseimbangan hormon dan rasa lapar. Misalnya alpukat, salmon, atau selai kacang.

#3. Lakukan Latihan Compound

latihan compound

Latihan compound merupakan latihan yang menargetkan banyak kelompok otot dalam satu gerakan.
Latihan compound akan membantu meningkatkan kekuatan otot Anda dengan cepat karena Anda dapat melatih lebih dari satu kelompok otot hanya dengan latihan sederhana ini.

Latihan compound tersebut antara lain deadlifts, bench press, dan squats.

Baca Juga: Maksimalkan Pertumbuhan Otot dengan Latihan Compound

#4. Lakukan Teknik Latihan dengan Tepat

LatihanDrop

Tidak sedikit dari Anda yang mungkin sudah rutin berlatih namun belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah teknik latihan yang kurang tepat.

Dengan teknik latihan atau gerakan yang tepat akan membantu mempercepat perkembangan otot tubuh Anda serta mengurangi risiko cedera. Jangan karena takut gerakan salah, lantas membuat Anda malas pergi ke gym. Percayalah, Anda tidak sendirian karena banyak pula fitnes mania yang masih salah dalam melakukan gerakan.

Juga, jangan malu untuk memulai latihan dengan beban yang ringan. Hanya karena gengsi dengan teman di sekitar Anda, Anda juga berniat untuk mengangkat beban yang berat. Jika ini Anda lakukan, Anda akan cepat merasa lelah dan latihan kurang maksimal. Belum lagi meningkatnya risiko cedera.

Perlu diingat, fitnes mania yang lebih pro lain juga memulai dari awal. Yang pasti, tingkatkan berat beban angkatan Anda secara perlahan.

#5. Jangan Lupakan Latihan Kardio

Kardio ilmiah

Setelah melakukan latihan beban dengan maksimal, maka tutuplah sesi latihan Anda dengan latihan kardio. Baik latihan kardio yang ringan maupun intensif.

Latihan kardio ini akan membantu menjaga kadar lemak tubuh Anda serta meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Beberapa latihan kardio yang baik dilakukan antara lain jogging, bersepeda, atau berenang.

Pantau kebugaran Anda melalui aplikasi smartphone Anda dan catat setiap perkembangan yang Anda raih. Ini adalah cara tepat untuk melacak keberhasilan Anda untuk membuat Anda semakin termotivasi.

>> Bakar Lemak dengan Latihan Kardio yang Lebih Singkat <<

#6. Tambahkan Suplementasi yang Tepat Sesuai Goal Anda

diet

Ada banyak sekali suplemen yang beredar di pasaran. Namun Anda tidak diwajibkan mengonsumsi semua suplemen tersebut.

Pilihlah suplemen yang benar-benar sudah terpercaya untuk membantu goal fitnes Anda. Berikut beberapa tips suplementasi untuk Anda.

Suplemen Pra Latihan
• Kafein (untuk meningkatkan energi dan fokus Anda)
• Creatine (membantu menambah kekuatan dan energi Anda)

Suplementasi sebelum latihan yang tepat akan membantu meningkatkan kualitas latihan Anda serta mengatasai kelelahan.

Pasca Latihan

Protein adalah nutrisi yang sangat penting bagi pemulihan otot Anda. Seperti Whey Protein yang bertugas untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan perkembangan otot tubuh Anda setelah latihan beban.

Salah satunya adalah Whey Protein dari Ultimate Nutrition yang merupakan protein berkualitas tinggi untuk membentuk, mempercepat proses pemulihan, dan mencegah penyusutan otot.

MEMPERCEPAT MASA PEMULIHAN OTOT TUBUH ANDA

  • Meningkatkan Massa Otot Lebih Optimal
  • Tidak Menambah Lemak
  • Mempercepat Proses Pemulihan Tubuh Anda
  • Mencegah Penyusutan Otot

Dapatkan segera protein berkualitas tinggi untuk membentuk massa otot bebas lemak sekarang juga! BELI DI SINI!

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap melakukan latihan beban?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes