tipe tubuh

Apa Tipe Tubuh Anda? Ectomorph, Endomorph, atau Mesomorp?

Sebaiknya, latihanlah sesuai dengan tipe tubuh yang Anda miliki. Tubuh Anda termasuk yang mana, ectomorph, endomorph, atau mesomorph?

Apa Tipe Tubuh Anda?

Beberapa dari Anda mungkin merasa lebih mudah untuk membakar lemak.

Atau, Anda justru merasa lebih mudah untuk menambah berat badan.

Ini semua memang bisa terjadi karena genetika setiap orang berbeda.

tipe tubuh

Bagi Anda yang wasih awam, mungkin tidak menyadari bahwa ada jenis tubuh tiap-tiap orang berbeda. Dan dengan mengetahui apa jenis tubuh tersebut, maka Anda akan lebih mudah untuk merencanakan diet dan latihan yang sesuai.
Tipe tubuh manusia dibagi menjadi:

• Ectomorph
• Endomorph
• Mesomorph

Dengan mengetahui apa tipe tubuh Anda, maka Anda akan LEBIH MUDAH dalam menentukan program apa yang tepat untuk Anda, apakah ingin menambah atau menurunkan berat badan.

Baca Juga: Latih Tubuh Anda Sesuai Tipe Tubuh

Mengenal Karakteristik Tipe Tubuh

• Ectomorph

tipe tubuh

Pada umumnya, Anda yang memiliki tipe tubuh seperti ini adalah kurus, memiliki kaki yang panjang, dan bahu sempit.

Tubuh ectomorph memiliki metabolisme yang cepat. Ini menyebabkan apa yang dimakan dalam jumlah yang diinginkan, hampir tidak berdampak pada penambahan berat badan.

Selain kesulitan untuk menambah lemak, tubuh ectomorph juga cukup kesulitan untuk menambah massa otot. Karena itu, biasanya mereka ini disebut dengan ‘hardgainer’.

• Endomorph

tipe tubuh

Endomorph ini adalah kebalikan dari tipe tubuh ectomorph.

Endomorph memiliki karakteristik lebih pendek dan lebih berisi. Tubuh jenis ini juga sangat mudah untuk menambah berat badan.

Selain mudah mendapatkan massa otot, tubuh jenis ini juga mampu menambah berat badan dari lemak. Karena itu, bagi Anda yang bertipe tubuh endomorph juga harus ekstra keras untuk mengurangi tumpukan lemak berlebih pada tubuh Anda.

• Mesomorph

tipe tubuh

Jika Anda termasuk orang yang bertubuh mesomorph, maka bersyukurlah.

Jenis tubuh ini dianggap mampu menambah massa otot dan juga membakar lemak lebih mudah daripada dua tipe tubuh sebelumnya.

Umumnya, mesomorph memiliki karakter tubuh atletis, pinggang yang kecil, tubuh bagian atas lebih besar dan berotot, serta merasa sangat mudah membakar lemak.

Latihan Sesuai Tipe Tubuh

• Latihan untuk tipe tubuh ectomorph

Apakah Anda termasuk yang golongan ectomorph?

Jika demikian, maka Anda perlu melakukan program latihan yang sesuai.

Tubuh ectomorp memang sulit untuk menambah massa otot, namun bukan berarti tidak dapat menaikkan massa otot.

Karena tujuan Anda untuk TINGKATKAN MASSA OTOT, maka sebaiknya lakukan latihan resistensi, serta menggabungkan latihan compound (latihan yang melibatkan banyak kelompok otot) dalam rutinitas latihan Anda.

Tujuan utama adalah untuk hipertrofi otot. Karena itu lakukan latihan yang menggunakan mesin dan gerakan compound. Tingkatkan beban angkatan secara bertahap, sedikit repetisi, dan istirahat lebih panjang pada setiap setnya.

Anda dapat melakukan latihan beban 3-5 kali dalam seminggu.

tipe tubuh

• Latihan untuk tipe tubuh Endomorph

Meskipun Anda mudah menambah berat badan dan massa otot, Anda juga akan cukup kesulitan untuk mengikis lemak.

Itulah kenapa latihan Anda harus seimbang.

Anda tidak hanya harus melakukan latihan resistensi, tapi juga Anda memerlukan latihan untuk daya tahan tubuh guna menjaga presentase kadar lemak tetap terkontrol. Ini berarti bahwa kardio tetap harus menjadi bagian dari latihan Anda.

Sewaktu latihan, orang yang tipe tubuh endomorph sebaiknya melakukan latihan beban dengan berat cukup (menengah), repetisi 8-12, serta istirahat yang lebih sedikit untuk tiap setnya.

Tidak hanya latihan beban, Anda juga perlu melakukan latihan kardio yang benar-benar ‘menyiksa’ Anda seperti latihan HIIT (High Intensity Interval Training).

tipe tubuh

• Latihan untuk tipe tubuh Mesomorph

Anda yang memiliki tubuh ini biasanya sangat mudah menambah massa otot, serta mudah untuk membakar lemak.

Meski begitu, Anda harus tetap latihan agar mendapatkan tubuh yang benar-benar kencang.

Lakukan latihan yang menggunakan beban sedang hingga berat dengan 6-12 repetisi.

Juga lakukan latihan kardio misalnya HIIT 2 kali dalam seminggu untuk meningkatkan daya tahan sekaligus bakar lemak. Sementara latihan beban dilakukan 3-5 kali dalam seminggu.

tipe tubuh

Apakah Anda bisa bayangkan betapa mudahnya membentuk otot tubuh Anda menjadi lebih seksi dengan donwload ebook tersebut, karena dalam ebook tersebut dilengkapi cara mudah dan terbaik untuk membentuk otot.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes