Bagaimana HIIT Membantu Menurunkan Berat Badan Anda?

High Intensity interval Training atau yang biasa disebut HIIT, adalah metode latihan kardio yang menggunakan kombinasi latihan intensitas tinggi dengan intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu (interval) tertentu.

HIIT didesain untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Metode latihan ini juga dapat membantu meningkatkan perkembangan serabut otot cepat (fast twitch fiber) yang banyak digunakan oleh atlet non ketahanan (non endurance) untuk meningkatkan memori otot (muscle memory), serta kecepatan dan power.

HIIT terdiri dari latihan yang singkat namun intens, yang diikuti oleh periode pemulihan di sela latihan. Latihan HIIT biasanya hanya berlangsung selama antara 10 hingga 12 menit.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari latihan HIIT antara lain meningkatkan kemampuan dan kondisi atletik tubuh, memperbaiki metabolisme glukosa dalam darah, yang berarti tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi lebih efisien, sekaligus memaksimalkan pembakaran lemak tubuh.

Ini berarti latihan HIIT dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat dan ideal dengan cara membuat metabolisme tubuh Anda berjalan lebih efektif dan efisien. Hebatnya lagi, Anda bisa mendapatkan semua manfaat tersebut dengan latihan yang singkat, cukup 10 menit sehari!

Penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan HIIT tiga kali seminggu dapat menurunkan kadar lemak dan meningkatkan resistensi insulin pada wanita.

Contoh latihan HIIT adalah dengan melakukan sprint dengan kecepatan maksimum selama 30-40 detik. Dilanjutkan 15-20 detik jalan kaki atau jogging. Ulangi langkah tersebut beberapa kali selama 10 hingga 20 menit. Saat melakukan HIIT jangan lupa mempersiapkan diri dengan pemanasan dan pendinginan yang cukup, seperti jalan kaki.

Ada beragam metode latihan HIIT yang bisa Anda coba. Jika Anda menyukai dan mendalami jenis olahraga tertentu pun, Anda bisa memasukkan dan menyesuaikan HIIT ini ke dalam olahraga Anda.

HIIT merupakan latihan intensitas tinggi yang hanya bisa dilakukan jika kondisi dan kekuatan tubuh Anda tahan terhadap tekanan fisik saat berlatih dalam intensitas tinggi dengan waktu yang singkat. Jika Anda dapat melakukannya dengan baik, maka Anda akan mendapatkan kesehatan kardiovaskuler yang lebih baik dan metabolisme tubuh Anda menjadi lebih efektif dan efisien.

Penelitian juga membuktikan bahwa dengan melakukan HIIT dapat meningkatkan metabolisme tubuh meski pun Anda selesai berlatih. Ini berarti tubuh Anda masih membakar lemak bahkan saat Anda sedang tidak berolahraga.

So, tunggu apa lagi? Ayo, bakar lemak tubuh Anda sekarang juga dengan High Intensity Interval Training, latihan yang bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja! Selamat berlatih! (dan)

BACA JUGA : Perhatikan Ini Jika Ingin Berlatih Lari!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes