Barack Obama. Sang Presiden yang Doyan Berolahraga

Baru-baru ini, Barack Obama kembali terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat untuk kedua kalinya, setelah mengalahkan pesaingnya Mitt Romney.

Meski memiliki jadwal yang super sibuk, Barack Obama dan istrinya, Michelle Obama, selalu tampil bugar dan fresh di hadapan publik. Keduanya bahkan disebut-sebut sebagai pasangan tersibuk di dunia saat ini.

Bagaimana Obama beserta istrinya bisa menjaga kebugaran tubuh? Yuk, intip rahasia-rahasia berikut ini yang biasa mereka lakukan, seperti dikutip Health.india.com:

1. Bangun pagi

Di hari-hari sekolah putrinya, Michelle Obama bangun di pagi hari setiap pukul 4:30 atau 5.00 untuk berolahraga! Ia bahkan mengalahkan suaminya untuk rutin nge-gym. Bahkan, Obama baru datang ke gym ketika Michelle sudah setengah jalan atau hampir selesai untuk menyelesaikan latihannya.

2. Jangan pernah melewatkan olahraga

Obama dan istrinya tidak pernah melewatkan satu hari untuk berolahraga! Bahkan, ia begitu berdedikasi untuk berolahraga dan sempat muncul di gym keesokan paginya setelah merebut kursi kepresidenan pada 2008! Dalam buku memoirnya Dreams from My Father, Obama menuturkan bahwa ia mulai berolahraga serius ketika ia berusia 22 tahun dengan berlari sejauh 3 mil dan terus dilakukan sepanjang hidupnya. Michelle juga menunjukkan dedikasi obsesif yang sama dan selalu membawa tali skipping kemana-mana. Dan, jika ia tidak memiliki tali atau ruangan untuk berolahraga, ia secara bergantian melakukan jumping jack, push-up dan sit-up!

3. Mix it up

Melakukan satu pola workout tunggal secara sering dapat mengakibatkan kebosanan dan itulah mengapa Obama diketahui punya bervariasi pola olahraga dari waktu ke waktu. Presiden menggabungkan cintanya pada olahraga (dengan basket dan golf) secara rutin selama 45 menit. Ia juga dikenal doyan melakukan treadmill dan elliptical, serta latihan beban.

Ia juga melakukan beberapa latihan plyometric dan pendinginan inti. Bagi yang belum tahu, plyometrics merupakan latihan yang memfokuskan pada gerakan cepat dan biasanya disukai oleh para atlet. Michelle juga juga melakukan campuran itu dengan latihan beban, cardio, kickboxing, lompat tali, pilates dan yoga!

4. Makan sehat dengan secukupnya

Sebuah pola latihan yang baik tidak akan berguna jika dilakukan tanpa makan yang sehat. Michelle merupakan salah satu dari mereka yang memiliki pikiran makan sehari 5 kali. Michelle menyukai tahu, tumis sayuran dan bahkan pizza berisi sayuran. Meski begitu, Obama dan Michelle juga masih mengonsumsi pizza, burger, pasta dan pilihan makanan yang tidak terlalu sehat lainnya pada saat acara makan siang resmi di Gedung Putih. Namun, keduanya memakan secara secukupnya dan tidak terlalu sering. Selain itu, Obama juga suka memakan sayuran (brokoli dan bayam), kacang-kacangan (pista dan kismis) dan granola bar.

Itu sangat baik bahwa Obama menikmatinya dari waktu ke waktu, karena ahli diet percaya bahwa merawat diri sedini mungkin akan memiliki manfaat di kemudian hari. Hal ini benar-benar ampuh dalam membantu menurunkan berat badan dan tetap bugar.

5. Jauhi kebiasan merokok dan meminum bir

Obama sempat mengalami masa-masa dirinya sesekali meminum bir. Namun menurut laporan terbaru, ia bertekad untuk berhenti dari kebiasaan buruknya itu untuk selamanya. Menurut laporan medis terbaru, Obama juga tercatat sudah ‘bebas-tembakau’.

Nah, jika Obama dan Michelle masih bisa meluangkan waktunya untuk berolahraga  di tengah-tengah jadwal harian yang super sibuk, kenapa Anda tidak?  (jay)

BACA JUGA : Circuit Training buat Pemula

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes